Pengaruh Persepsi Siswa Pada Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK YPT Tegal

Wijayanti, Elis (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Pada Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK YPT Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112118_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932112118_bab1.pdf

Download (664kB)
[img] Text
932112118_bab2.pdf

Download (673kB)
[img] Text
932112118_bab3.pdf

Download (797kB)
[img] Text
932112118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
932112118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
932112118_bab 6.pdf

Download (634kB)
[img] Text
932112118_daftarpustaka.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932112118_suratpernyataan.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK ELIS WIJAYANTI. Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si. dan Sufirmansyah, M.Pd.I : Pengaruh Persepsi Siswa Pada Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK YPT Tegal. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Persepsi Siswa Pada Kompetensi Sosial Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa. Kompetensi sosial dari seorang guru yang mantap merupakan salah satu kompetensi sosial yang tidak dapat dipisahkan dari seorang guru khususnya adalah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memberikan suritauladan yang baik terhadap peserta didik. Sedangkan motivasi belajar mempunyai keterkaitannya dengan kompetensi sosial guru yaitu siswa akan mendapat suatu dorongam untuk mencapai hasil dan tujuan kegiatan belajar. Dalam hal ini berupa rasa kenginan untuk bisa mempelajari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik dan benar serta mampu mengembangkan potensi dan bakatnya agar lebih semangat dalam belajar. Fokus penelitian yang digunakan adalah : 1) Bagaimana persepsi siswa pada kompetensi sosial guru PAI di SMK YPT Tegal ? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa di SMK YPT Tegal ? 3) Bagaimana pengaruh persepsi siswa pada kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa di SMK YPT Tegal ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan dalam penenlitian ini berjumlah 213 responden, peneliti menggunakan kuesioner (angket) dalam mencari data, kemudian menganalisis data penelitian menggunakan sofware SPSS versi 20. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) persepsi siswa pada kompetensi sosial guru PAI di SMK YPT Tegal dengan nilai rata-rata 48,91 pada interval 48,76-60 dengan frekuensi 102 atau 48% responden termasuk dalam kategori sangat tinggi. 2) Motivasi belajar siswa di SMK YPT Tegal dengan nilai rata-rata 110,6 pada interval 110,50-136 dengan frekuensi 129 atau 61% responden termasuk dalam kategori sangat tinggi. 3) Terdapat pengaruh persepsi siswa pada kompetensi sosial guru PAI di SMK YPT dapat dituliskan dalam persamaan regresi yaitu Y = 56,118 + 1,111 X. Berdasarkan persamaan tersebut diperoleh koefisien determinasi sebesar R = 0,532 dengan Rsquare 0,283 yaitu 28,3% yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi siswa pada kompetensi sosial guru PAI terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elis Wijayanti
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:29
Last Modified: 05 Aug 2022 07:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5479

Actions (login required)

View Item View Item