Hikmah, Mamluatul (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ritual Keagamaan Siswa MAN 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932105318_prabab.pdf Download (397kB) |
|
Text
932105318_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
932105318_bab2.pdf Download (2MB) |
|
Text
932105318_bab3.pdf Download (2MB) |
|
Text
932105318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932105318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932105318_bab6.pdf Download (2MB) |
|
Text
932105318_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932105318_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932105318_surat pernyataan.pdf Download (405kB) |
Abstract
MAMLUATUL, HIKMAH, 2018. Srategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ritual Keagamaan Siswa MAN 2 Kediri, Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Ilham Thohari, M.HI dan Pembimbing (2) Mohammad Asy’ari, M.HI. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Ritual Keagamaan Hingga saat ini pendidikan masih dianggap sebagai penolong utama bagi seseorang untuk menjalankan kehidupan. Tujuan pendidikan itu sendiri adalah merubah pola pikir dan mengembangkan ketrampilan anak serta menguatkan karakter anak. Seorang anak dapat membentuk karakter yang baik sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam pendidikan Islam, seorang anak dibimbing dengan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya kepribadian utama anak itu sendiri.Tidak hanya itu saja, pendidikan juga dapat merubah kebiasaan buruk anak menjadi kebiasaan baik, merubah pola pikir anak menjadi lebih dewasa. Karena pada masa ini sangat menentukan seseorang dalam kehidupannya kelak saat dewasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di sekolah MAN 2 Kediri. Sebagai sumber datanya adalah Kepala Sekolah, Waka Litbang, Guru PAI serta siswa MAN 2 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam terhadap informan serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik. (a) perencanaan program di dalam kelas dengan menyusun RPP, (b) perencanaan program di luar kelas dengan menyusun jadwal kegiatan ekstrakulikuler, (2) Pelaksanaan program guru dalam menanamkan karakter religius aspek tauhid, ibadah dan akhlak peserta didik (a) pelaksanaan program di dalam kelas melalui metode ceramah, metode drill, yang bertujuan untuk meningkatkan tauhid, tekun melaksanakan ibadah serta peserta didik yang berakhlakul karimah (b)pelaksanaan program di luar kelas dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler berupa hadrah dan sholat dhuhur, ashar dan jum’at berjamaah, (3) evaluasi program guru dalam menanamkan karakter religius pada peserta didik (a) evaluasi program di dalam kelas melalui evaluasi formatif dan sumatif (b) evaluasi program di luar kelas dengan melakukan evaluasi keberhasilan pencapaian setiap kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan insidental.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mamluatul Hikmah |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:05 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5452 |
Actions (login required)
View Item |