Implementasi Pembinaan Al-Quran Dan Kitab Kuning Sebagai Standar Kelulusan Kelas 3 Banat Di Ma Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati

Afifah, Alfu Laila Nur (2022) Implementasi Pembinaan Al-Quran Dan Kitab Kuning Sebagai Standar Kelulusan Kelas 3 Banat Di Ma Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136518_prabab.pdf

Download (892kB)
[img] Text
932136518_bab1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932136518_bab2.pdf

Download (219kB)
[img] Text
932136518_bab3.pdf

Download (543kB)
[img] Text
932136518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932136518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
932136518_bab6.pdf

Download (300kB)
[img] Text
932136518_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ALFU LAILA NUR AFIFAH, Dosen Pembimbing Dr.Wahidul Anam, M.Pd dan Nila Lukmatus Syahida, M.Pd.I.Implementasi Pembinaan Al-Quran Dan Kitab Kuning Sebagai Standar Kelulusan Di MA Maholi’ul Falah Kajen, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022 Kata Kunci: Persiapan, Pelaksaan, Evaluasi dan Syarat Kelulusan Penelitian ini dilatar belakangi oleh madrasah yang menerapkan pembelajaran Al-Quran dan kitab kuning sebagai standar kelulusan. Berbeda dengan sekolahan pada umumnya yang standar kelulusanya merapkan UNBK (Ujian Nasional Berstandar Komputer) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui bagaimana persiapan Al-Quran dan Kitab Kuning di MA Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati, Mengetahui bagaimana pelaksaan Al-Quran dan Kitab Kuning di MA Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati, Mengetahui bagaimana evaluasi Al-Quran dan Kitab Kuning di MA Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati dan Mengetahui syarat kelulusan MA Matholi’ul Falah Kajen Margoyoso Pati Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti mengunakan trianggulasi dan kecukupan referensial. data primer dari penelitian ini adalah Direktur atau kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru pengampu mata pelajaran Al-Quran dan kitab kuning, serta beberapa siswi kelas 3 aliyah banat. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa persiapan pembelajaran Al–Quran dan kitab kuning meliputi materi dan guru yang ahli pada bidangnya. Pelaksaan guru dalam mengajar yaitu memiliki persiapan sebelum mengajar. evaluasi pembelajaran Al –Quran dan kitab kuning meliputi evaluasi harian, evaluasi catur wulan dan evaluasi di bulan Rojab. Sedangkan syarat kelulusan Al-Quran ditinjau dari tajwid, makhorijul huruf dan sifatul huruf. Untuk syarat kelulusan kitab kuning ditinjau dari nahwu shorof, ketepatan membaca dan penyampaian isi baca’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfu Laila Nur Afifah
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:21
Last Modified: 04 Aug 2022 04:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item