Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Mamb'aul Hikmah Mantenan, Udanawu, Blitar

Fairuz, Ratna (2002) Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Mamb'aul Hikmah Mantenan, Udanawu, Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia yang mempunyai akar tradisi sangat kuat dilingkungan masyarakat. Dalam era modernisasi atau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini, relevansi sistem pendidikan pesantren tradisional menjadi pertanyaan banyak pihak untuk tetap dipertahankan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab keraguan tersebut dengan menjadikan Ponpes Mamb'aul Hikmah Mantenan,Udanawu,Blitar sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi sistem pendidikan Ponpes Mamb'aul Hikmah,sebagai sebuah pesantren tradisional, dengan era modernisasi. Kegunaan penelitian ini sebagai bahan masukan bagi masyarakat mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pendidikan tradisional, serta sebagai bahan masukan bagi pengelola pendidikan pesantren tradisional mengenai kelemahan yang ada selama ini dan upaya alternatif pemecahan demi eksistensi pesantren dimasa mendatang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Kehadiran peneliti dilapangan sebagai pengamat partisipan dan diketahui oleh subjek atau informan. Data penelitian diperoleh dari pimpinan pesantren (kyai),pengurus pesantren dan para guru (ustadz) dan para santri. Selain itu data penelitian juga diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada dipesantren. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:16
Last Modified: 05 Aug 2022 02:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item