Peran Guru TPQ Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Sholat Berjamaah Santri Di TPQ Subulussalam Dusun Ngatup Kambingan Pagu Kediri

Dewi, Tri Wahyuni (2022) Peran Guru TPQ Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Sholat Berjamaah Santri Di TPQ Subulussalam Dusun Ngatup Kambingan Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109918_prabab[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109918_bab1[1].pdf

Download (510kB)
[img] Text
932109918_bab2[1].pdf

Download (254kB)
[img] Text
932109918_bab3[1].pdf

Download (185kB)
[img] Text
932109918_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
932109918_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932109918_bab6[1].pdf

Download (86kB)
[img] Text
932109918_daftarpustaka[1].pdf

Download (172kB)
[img] Text
932109918_lampiran[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932109918_suratpernyataan.pdf

Download (464kB)

Abstract

Sholat merupakan kewajiban bagi umat islam, dan lebih utamanya lagi untuk sholat berjamaah. TPQ Subulussalam merupakan lembaga pendidikan nonformal yang digunakan anak-anak untuk menuntut ilmu salah satunya yaitu tentang sholat. Guru TPQ Subulussalam memiliki tanggung jawab untuk mendidik dan mengarahkan mereka untuk melaksanakan sholat tepat waktu lebih-lebih berjamaah. Di TPQ Subulussalam masih terdapat beberapa santri yang terlambat dalam pelaksanaan sholat berjamaah dan bahkan sengaja tidak mengikuti pelaksanaan sholat berjamaah di TPQ. Dari latar belakang tersebut disusun fokus penelitian diantaranya, (1) Bagaimana Peran Guru TPQ sebagai pendidik dan teladan dalam meningkatkan pelaksanaan sholat berjamaah santri di TPQ Subulussalam Dusun Ngatup Kambingan Pagu Kediri, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Pelaksanaan Sholat Berjamaah santri di TPQ Subulussalam Dusun Ngatup Kambingan Pagu Kediri. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, dan mengambil lokasi penelitian di TPQ Subulussalam Dusun Ngatup Kambingan Pagu Kediri. Penggalian data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dari berbagai sumber data sebagai perbandingan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran guru TPQ sebagai pendidik dan teladan dalam meningkatkan pelaksanaan sholat berjamaah santri sangat beragam meliputi guru sebagai seorang pembimbing yang memberikan seruan dan arahan kepada santri, guru menjadi pendidik, guru memberikan suatu motivasi, dan guru menjadi panutan atau teladan untuk santrinya. Faktor pendukung dari pelaksanaan sholat berjamaah tersebut meliputi (keberhasilan seorang guru menjalin komunikasi yang baik dengan wali santri, dan banyaknya kegiatan yang ada di masjid maupun TPQ), sedangkankan faktor penghambatnya meliputi (pengaruh dari teman, dan kesadaran diri dari santri).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tri Wahyuni Dewi
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:49
Last Modified: 01 Aug 2022 03:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5321

Actions (login required)

View Item View Item