Hana, Alfina Nur (2022) Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Tanjunganom. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932407918_prabab.pdf Download (702kB) |
|
Text
932407918_bab1.pdf Download (576kB) |
|
Text
932407918_bab2.pdf Download (883kB) |
|
Text
932407918_bab3.pdf Download (587kB) |
|
Text
932407918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932407918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text
932407918_bab6.pdf Download (350kB) |
|
Text
932407918_daftar_pustaka.pdf Download (230kB) |
|
Text
932407918_suratpernyataan.pdf Download (379kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia, salah satunya melalui aspek kurikulum. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMAN 1 Tanjunganom yaitu dengan strategi pembelajaran disesuaikan dengan kondisi peserta didik, kondisi lingkungan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam serta terdapat program tambahan keislaman yaitu pembiasaan sholat berjamaah di sekolah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan mendukung peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya yang memiliki implikasi pada pencapaian output yang lebih optimal. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom. 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom. 3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik yang digunakan untuk memperoleh data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom dilakukan pada awal tahun pelajaran baru melalui rapat koordinasi yang dilakukan oleh Tim Pengembang Kurikulum kemudian disosialisasikan kepada seluruh stokeholder disana. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Prota, Promes, Silabus dan dijabarkan ke RPP. 2) Pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom dalam hal ini mengacu pada model kurikulum 2013, dimana dalam pelaksanaannya berusaha mengintegrasikan dengan beberapa pembiasaan untuk menanamkan nilai karakter pada siswa. Selain itu juga terdapat kegiatan intrakurikuler sebagai penunjang pembelajaran dan ekstrakurikuler untuk mengembangkan potensi siswa. 3) Proses evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom dalam hal ini terdiri dari evaluasi dalam segi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Dimana ketiga aspek kegiatan ini biasa dilakukan diakhir tahun dengan obyek yang dievaluasi meliputi guru dan juga peserta didik yang ada di lembaga tersebut. Dengan adanya proses manajemen kurikulum tersebut dapat dijadikan standar dalam peningkakan mutu pendidikan di SMAN 1 Tanjunganom.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alfina Nur Hana |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 06:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5295 |
Actions (login required)
View Item |