Lutfiani, Isna (2022) Eksplorasi Etnomatematika Sendang Sumber Agung Desa Sonorejo Pada Materi Geometri Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932301718_prabab.pdf Download (697kB) |
|
Text
932301718_bab1.pdf Download (141kB) |
|
Text
932301718_bab2.pdf Download (391kB) |
|
Text
932301718_bab3.pdf Download (29kB) |
|
Text
932301718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932301718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
Text
932301718_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
932301718_daftar_pustaka.pdf Download (19kB) |
|
Text
932301718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text
932301718_suratpernyataan.pdf Download (194kB) |
Abstract
Setiap insan manusia wajib mengenyam pendidikan. Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari matematika. Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan, namun kenyataannya menjadi momok. Begitu pula dengan budaya hari demi hari mulai terlupakan seiring berkembangnya zaman. Dalam menjalankan kehidupan manusia hidup selalu menggunakan air. Air dari konteks ini adalah sumber mata air pada Sendang Sumber Agung. Dimana dalam Sendang Sumber Agung diperoleh unsur etnomatematika dan dijadikan butir soal dalam implementasi pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui unsur-unsur etnomatematika yang terdapat pada Sendang Sumberagung Desa Sonorejo dan akan disajikan dalam implementasi butir soal. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif dimana data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dengan melakukan pengamatan pada Sendang Sumber Agung. Wawancara dilakukan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, ahli sains, dan tukang. Data yang diperiksa untuk menentukan keabsahannya dilakukan dengan langkah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian pada Sendang Sumber Agung aktivitas Etnomatematika yang diperoleh adalah aktivitas mengukur, menentukan lokasi, membuat atau merancang bagunan, menjelaskan. Aktifitas mengukur letak etnomatematikanya pada panjang sendang dan kedalaman sendang. Aktivtas menentukan lokasi unsur etnomatematikanya pada pembatas area embung (kolam sendang) dengan pembatas parit (sungai kecil) dan pohon keduh sebagai penanda tanah. Aktivitas membuat atau merancang bangunan etnomatematikanya pada terlihat pada arsitektur Sendang Sumber Agung. dan etnomatematika merancang bangunan terletak pada manfaat sumber, makna melingkar dan tabung, bentuk kolam persegi, tembok pembatas, tiang (cagak) penyangga, dan atap penutup. Setelah memperoleh aktivitas matematika maka penulis mengimplementasikannya dalam bentuk butir soal matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010207 Theoretical and Applied Mechanics (Mekanika Teoritis dan Terapan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Isna Lutfiani |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 02:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 02:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5257 |
Actions (login required)
View Item |