Manajemen Perpustakaan di SMK Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri

Prakoso, Katon Lambang (2022) Manajemen Perpustakaan di SMK Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932403318_prabab.pdf

Download (706kB)
[img] Text
932403318_bab1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932403318_bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932403318_bab3.pdf

Download (609kB)
[img] Text
932403318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
932403318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
932403318_bab6.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932403318_daftarpustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932403318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Prakoso, Katon Lambang. Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Siska Yulia Weny, M.Ak, Manajemen Perpustakaan di SMK Al – Mahrsiyah Lirboyo Kediri. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata kunci: Manajemen, Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Manajemen Perpustakaan di SMK Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, 2) Kendala di perpustakaan SMK Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Penelitian menggunakana metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data di lakukan dengan melalui 3 tahapan kegiatan di antaranya seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) dalam implementasi manajemen di perpustakaan terdapat 4 fungsi manajemen yang di laksanakan yang pertama yaitu pada tahap perencanaan yang di biasanya di lakukan di awal semester yang di antaranya seperti pada perencanaan sarana prasaran dan pengadaan buku dengan alur pihak perpustakaan meminta rekomendasi dari guru dan siswa, kemudian staff perpustakaan mengusulkan kepada waka yang bersangkutan kemudian di usulkan kepada kepala sekolah kemudian baru di lanjutkan ke vendor yang di percaya. Kedua pengorganisasian. Pengroganisasian biasanya di lakukan ketika ada karyawan baru kemudian pemberian tugas dan tanggung jawab serta fasilitas yang di dapat. Ketiga pelaksanaan. Dalam pelaksanaan manajemen perpustakaan dapat di terapkan pada pelaksanaan pelayanan yang di mulai dari pengunjung perpustakaan yang hendak meminjam buku kemudian peminjam mengambil buku yang selanjutnya di bawa ke meja pustakawan untuk di lakukan pendataan di mulai dari nama peminjam, tanggal, dan identitas buku. Hal tersebut juga berlaku untuk pengembalian buku. Keempat evaluasi. Evaluasi di lakukan dengan musyawarah yang di lakukan setiap akhir semester yang di hadiri kepala sekolah, staff perpustakaan, staff sekolah, dan guru untuk mediskusikan indikator – indikator yang telah di jalankan dan apakah perlu perbaikan jika perlu akan di evaluasi dan di buatkan RPL. 2) beberapa kendala yang di temui seperti ruangan yang kurang memenuhi standart, jumlah buku secara rasio yang masih kurang, ruangan pendukung perpustakaan, dan tentu saja anggaran untuk operasional. adapun rencana kedepan nya yaitu penyesuaian dengan standart perpustakaan nasional, digitalisasii perpustakaan, peningkatan sirkulasi buku.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES (Ilmu Komputer dan Infromasi) > 0807 Library and Information Studies (Studi Perpustakaan dan Informasi) > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Katon Lambang Prakoso
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:05
Last Modified: 28 Jul 2022 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item