Pengembangan Media Lemkasia (Lemari Kerangka Manusia) Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Kelas V Mi Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri

Sholikha, Afiffatus (2022) Pengembangan Media Lemkasia (Lemari Kerangka Manusia) Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Kelas V Mi Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932607518_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932607518_bab2.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932607518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
932607518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932607518_bab5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932607518_daftar_pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK AFIFFATUS SHOLIKHA. Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M. Pd dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd.Pengembangan Media LEMKASIA (Lemari Kerangka Manusia) Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas V MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Media LEMKASIA, Pembelajaran IPA Materi Rangka Tubuh, Minat Belajar Siswa. Dalam materi rangka tubuh manusia yang menjelaskan mengenai bagian-bagian rangka ini dianggap sulit sehingga, minat belajar peserta didik sangatlah rendah. Maka dari itu peneliti mengembangkan media LEMKASIA (Lemari Kerangka Manusia) yang layak pada mata pelajaran IPA kelas V, selain itu bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, menarik perhatian, dan memudahkan siswa dalam memahami materi rangka tubuh manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan melakukan uji coba skala kecil di SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo Kota Kediri berjumlah 5 siswa, dan uji coba skala besar di MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kota Kediri berjumlah 30 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun desain penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket minat belajar yang dilakukan sebelum mengetahui media LEMKASIA dan sesudah mengetahui media LEMKASIA.Hasil responden angket minat belajar yang berbeda tersebut dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas penggunaan media LEMKASIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkanmendapatkan hasil akhir dari 2 ahli media dengan mendapatkan skor rata-rata 4,6 kategori sangat layak. Selanjutnya penilaian juga dilakukan oleh 2 ahli materi yang berbeda dengan ahli media dengan skor rata-rata sebesar 4,4 dalam kategori sangat layak. Dengan respon yang sangat layak tersebut, maka media pembelajaran LEMKASIA layak untuk digunakan dan diujicobakan kepada siswa kelas V MI.Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil pada siswa kelas V SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo, respon minat belajar sebelum mengetahui media LEMKASIA yakni 31,20% dan respon minat belajar setelah mengetahui media LEMKASIA yakni 80,53%. Sedangkan pada uji coba kelompok besar yang dilakukan pada siswa kelas V MI Miftahul Falaah Manisrenggo, respon minat belajar sebelum mengetahui media LEMKASIA yakni 37,15% dan respon minat belajar setelah mengetahui media LEMKASIA yakni 88,57%. Dengan penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 88,57% dalam kategori sangat praktis, maka media LEMKASIA (Lemari Kerangka Manusia) yang diimplementasikan di kelas V MI Miftahul Falaah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran tematik pembelajaran IPA materi rangka tubuh manusia. ABSTRACT AFIFFATUS SHOLIKHA. Advisor Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd and Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, Development of LEMKASIA Media (Human Skeleton Cabinet) on Human Body Skeletal Materials to Increase Interest in Learning Science in Class V MI Miftahul Falaah Manisrenggo Kediri City. Thesis, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program, Tarbiyah Faculty, State Islamic Institute (IAIN) Kediri, 2022. Keywords: LEMKASIA Media, Natural Science Learning for Body Skeletal Materials, Students' Interest in Learning. In the human body skeleton material explaining the parts of this skeleton is considered difficult so that students' interest in learning is very low. Therefore, the researchers developed an appropriate LEMKASIA (Human Skeleton Cabinet) media for 5th grade science subjects, besides that it aims to increase students' interest in learning, attract attention, and make it easier for students to understand the material of the human body skeleton. The research method used in this study is a research and development (R&D) method by conducting a small-scale trial at SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo, Kediri City, totaling 5 students, and a large-scale trial at MI Miftahul Falaah Manisrenggo, Kediri City, totaling 30 students. The development model used is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research design used is the distribution of interest in learning questionnaires conducted before knowing the LEMKASIA media and after knowing the LEMKASIA media. The results of the questionnaire respondents of different learning interests were carried out to measure differences in the effectiveness of using LEMKASIA media. The results showed that the developed media got the final results from 2 media experts by getting an average score of 4.6 very decent categories. Furthermore, the assessment was also carried out by 2 different material experts with media with an average score of 4.4 in the very feasible category. With a very decent response, the LEMKASIA learning media is feasible to be used and tested for class V MI students. Based on the results of small group trials on fifth grade students of SD Plus Sunan Ampel Rejomulyo, the response to interest in learning before knowing LEMKASIA media was 31.20% and the response to learning interest after knowing LEMKASIA media was 80.53%. Meanwhile, in a large group trial conducted on fifth grade students of MI Miftahul Falaah Manisrenggo, the response to interest in learning before learning about LEMKASIA media was 37.15% and the response to interest in learning after learning about LEMKASIA media was 88.57%. With the assessment of student responses to the developed learning media getting an average score of 88.57% in the very practical category, the LEMKASIA media (Human Framework Cabinet) which is implemented in class V MI Miftahul Falaah is declared feasible to be used as learning media on thematic subjects. science learning material for the human body skeleton.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afiffatus Sholikha
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:19
Last Modified: 28 Jul 2022 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item