Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022

Ramadan, Abim (2022) Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118718_prabab.pdf

Download (610kB)
[img] Text
932118718_bab1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932118718_bab2.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932118718_bab3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932118718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
932118718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
932118718_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932118718_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932118718_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Ramadan, Abim. Dosen Pembimbing (1) Kadi, M. Pd. I dan Pembimbing (2) Agus Dwi Santoso, M. Pd. I. Kreativitas Guru Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Kediri. 2022. Kata Kunci: Kreativitas, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI-MIPA 1 MAN 1 Kota Kediri dan apakah motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi kreativitas mengajar guru. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini adalah Guru Sejarah Kebudayaan Islam sedangkan objek penelitian ini adalah kreativitas guru dan motivasi belajar siswa. Peneliti mengambil data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data karya Miles dan Huberman, yaitu analisis data dengan cara pemberian nama terhadap kejadian yang terkait dengan objek yang diteliti dan dilakukan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data digunakanlah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bentuk kreativitas mengajar yang diterapkan meliputi metode mengajar, pemberian tugas dan evaluasi belajar. Pelaksanaan metode mengajar yang dilakukan yaitu dengan menggunakan media LCD proyektor dan power point sebagai fasilitas pendukung pembelajaran dikelas, menggunakan metode salindia, presentasi kelompok. Sedangkan pemberian tugas melalui funfact yang related melalui latihan soal, membuat makalah, merangkum materi, mengerjakan soal dan menganalisa vidio pembelajaran. Bentuk kreativitas mengajar guru SKI dikombinasikan dengan bentuk kreativitas mengajar guru lainnya. Bentuk kreativitas mengajar yang lain adalah membuat kegiatan Ice Breaking ketika siswa tidak konsentrasi dan ramai sendiri, memberikan stimulus dan motivasi belajar melalui kalimat hikmah. (2) Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kreativitas mengajar guru jika siswa memiliki niat, alasan belajar, kepuasan atas kebutuhan, memiliki kesadaran terhadap diri sendiri, pemberian apresiasi, keaktifan belajar dan menyelesaikan tugas. Siswa yang tidak memiliki indikator motivasi tersebut maka kreativitas mengajar guru tidak dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Sedangkan siswa yang memiliki sebagian dari indikator tersebut maka kreativitas mengajar guru tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa sepenuhnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abim Ramadan
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:24
Last Modified: 28 Jul 2022 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item