Shofia, Ananda (2022) Manajemen pembelajaran di era pasca pandemi di SMPN 1 Gampengrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932403918_prabab.pdf Download (18MB) |
|
Text
932403918_bab1.pdf Download (210kB) |
|
Text
932403918_bab2.pdf Download (196kB) |
|
Text
932403918_bab3.pdf Download (266kB) |
|
Text
932403918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
932403918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
932403918_bab6.pdf Download (183kB) |
|
Text
932403918_daftar_pustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
2022_07_29_09_32_59 ananda.pdf Download (225kB) |
Abstract
Kata kunci : manajemen pembelajaran luring pasca pandemi Di masa new normal atau masa pasca pandemi ini sekolah – sekolah mempersiapkan PTM sesuai dengan instruksi pemerintah, PTM sangat terbatas tidak sama dengan sekolah biasa. PTM sekarang memiliki aturan yang di jalankan seperti jaga jarak, memakai masker, kelas hanya berisi 50% dari sekolah biasa, dan tidak ada aktivitas selain pembelajaran. Manajemen pembelajaran adalah serangkaian hal penting dalam proses belajar mengajar yang berada di Lembaga Pendidikan, dalam manajemen pembelajran sangat berpengaruh penting terhadap prestasi akademik maupun non akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajran, evaluasi pembelajran, faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajran di SMPN 1 Gampengrejo. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penting nya proses belajar mengajar yang ada di suatu sekolah. Dalam proses belajar mengajar manajemen pembelajran merupakan suatu bagian yang penting dalam mencapai tujuan dan mutu sekolah, karena dengan manajemen pembelajaran dan peran seorang guru yang mengelola manajemen pembelajaran tersebut maka kegaiatan belajar mengajar tidak akan berjalan sesuai apa yang di harapkan. Menurut conners dalam Hasibuan dan Moedjiono bahwasan nya fungsi manajemen pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan , danevaluasi.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitataif. Metode yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis oleh peneliti dengan menggunakan Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang berada di SMPN 1 Gampengrejo berjalan dengan baik, di dukung dengan silabus dan RPP yang sudah sesuai dengan standar Pendidikan. Dari hasil penelitin dapat disimpulan bahwa di SMPN 1 Gampengrejo proses manajemen pembelajran dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari hasil belajar dari siswa dengan tujuan sebagai bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan atau mengetahui kualitas dari tenaga pendidik dan peserta didik di SMPN 1 Gampengrejo. Dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan proses evaluasi pembelajaran yang di lakukan sekolah dapat di simpulkan bahwasan nya manajemn pembelajran yang ada di sekolah bisa berjalan dengan baik dan lancer dan proses belajar mengajar yang ada di SMPN 1 Gampengrejo juga tidak meiliki kendala yang besar, jadi di era pasca pandemi ini sekolah sudah berupaya dalam meningkatkan prestasi akademin maupun nonakademik yang ada di sekolah. Yang menjadi perhatian para guru dan kepala sekolah di era pasca pandemi ini yaitu input siswa dan mencoba untuk mempersiapkan anak tidak hanya di bidang akademik namun juga di bidang nonakademik. Sekolah mempersiapkan peserta didik agar mereka bisa ungul lagi di bidang akademik maupun nonakademik. Sekolah mengupayakan agar para siswa bisa bersemnagat belajar lagi dan terus belajar lagi, terus berusaha mengali potensi diri mereka lagi lewat arahan guru dan lain nya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ananda Shofia Khoirunnisa |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5248 |
Actions (login required)
View Item |