Chanan, Lu'luatul (2022) Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di SMA A.Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932124518_bab1.pdf Download (479kB) |
|
Text
932124518_bab2.pdf Download (389kB) |
|
Text
932124518_bab3.pdf Download (300kB) |
|
Text
932124518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
932124518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
|
Text
932124518_bab6.pdf Download (268kB) |
|
Text
932124518_daftarpustaka.pdf Download (367kB) |
|
Text
932124518_suratpernyataan.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK LU’LUATUL CHANAN. 2022. Strategi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Kadi, M.Pd.I, dan (2) Agus Dwi Santoso, M.Pd.I, Kata Kunci: Strategi Sekolah, Karakter Religius. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kemerosotan moral yang dialami oleh banyak pelajar seperti perilaku anak yang menyimpang, kurang taat kepada orang tua, bergaul terlalu bebas, dan tatanan etika lainnya yang tidak sesuai dengan etika religius, yang jauh dari nilai etika dan nilai-nilai ajaran agama Islam. Dalam hal ini peneliti menghubungkan yang diterapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sekolah dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA A. Wahid Hasyim. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut; (1) Strategi Sekolah dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang terdapat 3 cara Integrasi: Pengintegrasian melalui mata pelajaran dengan cara menyisipkannya dalam materi pelajaran juga keteladanan yang dilakukan guru. Untuk pengintegrasian terhadap Program Pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan rutin seperti peringatan hari besar islam, sholat dhuhur dan dhuha berjama’ah, khitabah, pengkajian kitab dll. Kegiatan spontan yang dilakukan guru pada siswa, keteladanan yang diberikan guru, dan pengkondisian sekolah. Pengintegrasian terhadap budaya sekolah yang dilaksanakan dikelas, sekolah dan juga luar sekolah seperti kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. (2) faktor pendukung strategi Sekolah dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang adalah dari pihak yayasan dan seluruh pihak sekolah juga keluarga. Adapun faktor penghambatnya yaitu kesadaran diri, keluarga, dan juga media informasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lu'luatul Chanan |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:59 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5241 |
Actions (login required)
View Item |