Husna, Himatul (2022) Strategi Keteladanan dan Pembiasaan Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137718_prabab[1].pdf Download (1MB) |
|
Text
932137718_bab1[1].pdf Download (217kB) |
|
Text
932137718_bab2[1].pdf Download (300kB) |
|
Text
932137718_bab3[1].pdf Download (123kB) |
|
Text
932137718_bab4[1].pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
Text
932137718_bab5[1].pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
932137718_bab6[1].pdf Download (45kB) |
|
Text
932137718_daftarpustaka[1].pdf Download (159kB) |
|
Text
932137718_lampiran[1].pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932137718_Suratpernyataan[1].pdf Download (282kB) |
Abstract
HIMATUL HUSNA, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Nurul Dwi Lestari, M.Pd., Strategi Keteladanan dan Pembiasaan Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Keteladanan, Pembiasaan, Tanggung Jawab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya karakter tanggung jawab siswa, oleh karena itu pembentukan karakter tanggung jawab sejak dini pada siswa sangatlah penting sekali agar siswa terbiasa bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat baik pada saat masih usia sekolah maupun pada saat mereka sudah besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi keteladanan guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri, (2) strategi pembiasaan guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri, (3) dampak dari keteladanan guru dan pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngreco Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan waktu pengamat, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) Strategi keteladanan dalam membentuk karakter tanggung jawab secara umum guru akidah akhlak menggunakan dua cara yaitu keteladanan secara langsung dan keteladanan secara tidak langsung, (2) strategi pembiasaan guru akidah akhlak dalam membentuk karakter tanggung jawab kepada siswa dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: mulailah pembiasaan sebelum terlambat, pembiasaan hendaklah dilakukan secara berkelanjutan, pembiasaan itu hendaklah konsekuen, bersikap tegas dan tetap teguh terhadap pendirian, serta pembiasaan yang mula-mulanya mekanistik itu makin menjadi pembiasaan yang disertai hati anak itu sendiri, (3) Dampak dari keteladanan guru dan pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa adalah dengan adanya keteladanan guru dan pembiasaan karakter tanggung jawab pada siswa terdapat manfaat tersendiri seperti siswa lebih disiplin, rajin mengumpulkan tugas dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Himatul Husna |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 04:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5185 |
Actions (login required)
View Item |