Pengembangan Modul Bilingual Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Di Kelas VIII MTs Sunan Giri Sidomulyo

Nugraheni, Vinda Sri (2022) Pengembangan Modul Bilingual Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Peluang Di Kelas VIII MTs Sunan Giri Sidomulyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932302018_prabab.pdf

Download (837kB)
[img] Text
932302018_bab1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
932302018_bab2.pdf

Download (630kB)
[img] Text
932302018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text
932302018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932302018_bab5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932302018_daftarpustaka.pdf

Download (451kB)
[img] Text
932302018_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
932302018_suratpernyataan.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian tentang “Pengembangan Modul Bilingual Berbasis Problem Based Learning pada Materi Peluang di Kelas VIII MTs Sunan Giri Sidomulyo” dilatarbelakangi oleh hasil ujian harian siswa MTs Sunan Giri Sidomulyo yang tergolong rendah. Metode pembelajaran matematika di MTs Sunan Giri Sidomulyo yang masih menggunakan metode pembelajaran yang sederhana seperti ceramah yang membuat siswa mudah bosan. Selain itu, ada program sekolah di MTs Sunan Giri Sidomulyo yang mengharuskan siswa untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam berbicara sesuai dengan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu, dikembangkan modul bilingual berbasis Problem Based Learning dengan tujuan menginovasi bahan ajar matematika yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi MTs Sunan Giri Sidomulyo, serta modul akan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan penerapan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah penelitian, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII-B dan 25 siswa kelas VIII-A dari MTs Sunan Giri Sidomulyo. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan modul bilingual dari segi materi diperoleh rata-rata skor 54,5 dari skor maksimal 72 yang termasuk kategori layak, dari segi media diperoleh rata-rata skor 61,5 dari skor maksimal 72 dengan kategori sangat layak, dan dari segi bahasa setelah dilakukan revisi diperoleh skor 53 dari total skor 60 dengan kategori sangat layak. Dari aspek kepraktisan modul bilingual diperoleh skor 63 dari skor maksimal 80 yang termasuk kategori sangat praktis, serta dari respon siswa diperoleh rata-rata skor 32,5 dari skor maksimal 40 pada uji coba skala kecil dan dari uji coba skala besar diperoleh rata-rata skor 33,5 dari total skor 40 yang termasuk kriteria sangat praktis. Sedangkan da.ri aspek keefektifan berdasarkan hasil post test diperoleh hasil 80% pada uji skala kecil dan pada uji skala besar diperoleh skor presentase 96% yang menunjukkan kriteria sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Vinda Sri Nugraheni
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:29
Last Modified: 22 Jul 2022 06:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item