Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa Kelas VII SMP

Khusnah, Laylatul (2022) Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300518_prabab.pdf

Download (777kB)
[img] Text
932300518_bab1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
932300518_bab2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
932300518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
932300518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
932300518_bab5.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932300518_daftarpustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
932300518_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932300518_suratpernyataan.pdf

Download (116kB)

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari disetiap jenjang pendidikan, untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan dari matematika dengan adanya proses penilaian. Standar penilaian dalam kurikulum 2013 menitikberatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Selain itu, cakupan matematika dalam kurikulum 2013 selaras dengan komponen literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes higher order thinking skills (HOTS) berbasis kemampuan literasi numerasi matematika siswa kelas VII SMP yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan formative research Tessmer yang meliputi 4 tahap yakni tahap persiapan (preliminary), tahap self-evaluation, tahap prototyping, tahap uji coba lapangan (field test). Instrumen pengumpulan data penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar validasi dan tes HOTS berbasis literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 20 butir soal yang telah dikembangkan, 18 butir soal dinyatakan valid dan 2 butir soal dinyatakan tidak valid. Reliabilitas instrumen tes dinyatakan reliabel dengan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,886. Dalam penilaian tes ini nilai standar error of measurement diperoleh 18,64 dengan interval kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan menghasilkan instrumen tes HOTS berbasis literasi numerasi yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Laylatul Khusnah
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:32
Last Modified: 22 Jul 2022 06:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5150

Actions (login required)

View Item View Item