Roziqoh, Minatul Khoirur (2017) Mekansme Penetapan Harga Bawang Merah Di Pasar Sukomoro Kab. Nganjuk Perspektif Ibnu Taimiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. cover skripsi_5.e.DAFTAR ISI.pdf Download (755kB) |
|
Text
6.skripsi bab 1.pdf Download (220kB) |
|
Text
7.skripsi bab II.pdf Download (331kB) |
|
Text
8. skripsi BAB III.pdf Download (239kB) |
|
Text
9.skripsi BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
10.skripsi BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
11.skripsi BAB VI.pdf Download (86kB) |
|
Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text
13.DAFTAR RIWAYAT HIDUP_15. surat penelitian dan surat bimbingan.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
Abstract
Mekanisme harga adalah proses yang berjalan atas dasar gaya tarik-menarik antara produsen dan konsumen baik dari pasar output (barang) ataupun input (faktor-faktor Produksi). Dalam kehidupan modern harga-harga memainkan peranan yang amat penting. Menyadari berkait dengan pentingnya penetapan harga sehingga banyak tokoh muslim yang mencurahkan pemikirananya pada hal ini. Salah satunya adalah Ibnu Taimiyah, Ibnu Taimiyah orang yang menaruh perhatiannya khusus terkait dengan harga. harga inilah yang menarik peneliti untuk meneliti di pasar Sukomoro yang terkenal akan sentral bawang merahnya. Di pasar Sukomoro ini harga juga memainkan peranan yang sangat penting karena produsen dan konsemen bertindak atas dasar pertmbangan dan perbandingan harga. Untuk itu penulis tertarik masalah tentang penetapan harga, dengan rumusan masalah sebagai berikut:1. Bagaimana Mekanisme Penetapan Harga bawang di pasar Sukomoro?.2. Bagaimana Mekanisme Penetapan Harga bawang Merah di pasar Sukomoro Kab. Nganjuk Perspektif Ibnu Taimiyah? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Jenis penelitiannya adalah studi kasus. Untuk menganilisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: harga bawang dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu. Pertama disebabkan karena jumlah permintaan dan penawaran bawang merah. Kedua disebabkan karena Pengaruh Cuaca. Ketiga disebabkan Pasar yang tidak sehat. Sehingga Mekanisme penetapan harga bawang merah di pasar Sukomoro sesuai dengan mekanisme pasar yang ada dipasar, dan naik turunya harga juga oleh faktor-faktor tersebut. Sedangkan terkait dengan pengambilan laba, di pasar sukomoro ini yang mendapatkan laba besar adalah tengkulak dan pedagang besar, sedangkan pengecer mendapatkan laba yang tidak cukup besar, dan yang biasanya dirugikan adalah pihak petani. Dengan demikian Mekanisme penetapan harga bawang di pasar sukomoro lebih cenderung sesuai dengan pimikirannya Ibnu Timiyah serperti faktorfaktor yang mempengaruhi harga dan mekanisme pasar, tapi juga ada yang tidak sesui terkait dengan I’wadhl al-mithl dan Thaman al-mithl
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 07:32 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 07:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/51 |
Actions (login required)
View Item |