Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Mi Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri

Rahmadhani, Fatma (2022) Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Mi Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120718_Prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932120718_bab1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
932120718_bab2.pdf

Download (495kB)
[img] Text
932120718_bab3.pdf

Download (696kB)
[img] Text
932120718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
932120718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932120718_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120718_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

FATMA RAHMADHANI, NIM. 932120718, Dosen Pembimbing Dr. ISKANDAR TSANI,M.Ag dan SUFIRMANSYAH, M.Pd.I: Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-qur’an Siswa MI ROUDLOTUL MUBTADIIN Kec Pare Kab Kediri. Penddidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022 . Kata Kunci: BTQ, Metode Yanbu’a, Faktor Pendukung Dan Penghambat Al-Qur’an adalah kitab suci pedoman umat Islam. Semua umat islam diperintahkan untuk mempelajari-Nya. Banyak cara untuk mempelajari kitab suci AlQur’an, diantaranya yaitu dengan membaca dan latihan menulis. Metode untuk mempelajarinya bermacam-macam. Salah satunya yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu metode Yanbu’a. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ siswa MI Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ siswa MI Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu uraian dan penjelasan yang komprehensif mengenai berbagai aspek individu, kelompok, organisasi, program atau situasi sosial. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ siswa MI Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri masih sederhana, yaitu diawali dengan salam, do’a bersama, guru membacakan tawashul kepada Ahli Qur’an, guru menuliskan materi atau tugas jika ada, latihan menulis untuk siswa kelas I-III, dilanjutkan dengan membaca bersama beberapa ayat surat-surat pendek sesuai perintah guru, kemudian sorogan atau setoran maju satu persatu untuk mengaji atau setor hafalan (surat pendek, do’a sehari-hari, hadits pendek), diakhiri dengan pemberian motivasi atau nasehat, kemudian do’a bersama dan ditutup dengan salam. (2) faktor pendukung penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran BTQ siswa MI Roudlotul Mubtadiin Kec Pare Kab Kediri adalah tersedianya tenaga pengajar yang memadai, fasilitas yang mendukung, waktu pembelajaran BTQ cukup, Kemampuan siswa dalam BTQ baik, dan adanya motivasi dari orang tua, sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya guru pendamping dalam satu kelas saat pembelajaran, tingkat kemampuan siswa yang berbeda dalam satu kelas, dan ada sedikit siswa yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatma Rahmadhani
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:50
Last Modified: 19 Jul 2022 06:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item