Pengembangan Aspek Kognitif Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Madrasah Aliyah Nasy’atul Mujahidin

Abdillah, Muhammad Aan Chunaifi (2022) Pengembangan Aspek Kognitif Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Madrasah Aliyah Nasy’atul Mujahidin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100618_prabab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932100618_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
932100618_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
932100618_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
932100618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
932100618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
932100618_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
932100618_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD AAN CHUNAIFI ABDILLAH, Dosen Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Pengembangan Aspek Kognitif Melalui Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Madrasah Aliyah Nasy’atul Mujahidin, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Pengembangan Aspek Kognitif, Metode Problem Solving Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran yang ditujukan kepada seseorang yang bersifat individu maupun kelompok. Sedangkan mengajar merupakan suatu cara guru untuk menuangkan suatu informasi pengetahuan dengan menggunakan metode-metode pembelajaran, seperti penggunaan metode ceramah, metode Problem Solving dan metode lainnya. Adapun dalam metode Problem Solving sangat penting bagi guru fiqih untuk diterapkan, karena dengan diterapkannya metode ProblemSolving, siswa diharapkan menjadi berkembang dalam aspek kognitif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Pelaksanaan Metode Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih kelas X Madrasah Aliyah Nasyatul Mujahidin? 2. Bagaimana Implikasi Metode Problem solving dalam mengembangkan kemampuan Aspek kognitif siswa Madrasah Aliyah Nasyatul Mujahidin? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan Metode Problem Solving pada mata pelajaran Fiqih kelas X Madrasah Aliyah Nasyatul Mujahidin dengan melakukan beberapa proses langkah-langkah yaitu pembagian kelompok, berdiskusib dan mempresentasikan hasil diskusi perkelompok, uji keabsahan data, dan kesimpulan. Adapun media dalam pelaksanaan metode Problem Solving seperti papan tulis, buku LKS, buku paket, dan handphone. Hambatan penerapan metode Problem Solving tersebut adalah keterbatasan media pembelajaran dan jumlah siswa yang sedikit. 2. Implikasi Metode Problem solving dalam mengembangkan kemampuan Aspek kognitif siswa Madrasah Aliyah Nasyatul Mujahidin bahwa siswa menjadi lebih mampu untuk berfikir kritis dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aan Chunaifi Abdilla
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:26
Last Modified: 19 Jul 2022 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5093

Actions (login required)

View Item View Item