Kebijakan Pendidikan Dalam Mengaplikasikan Pendidikan Plus Di SDNU Gurah Kabupaten Kediri

Sa'adah, Rizkia Muftihatus (2021) Kebijakan Pendidikan Dalam Mengaplikasikan Pendidikan Plus Di SDNU Gurah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932406117_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932406117_bab1.pdf

Download (609kB)
[img] Text
932406117_bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932406117_bab3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
932406117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
932406117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
932406117_bab6.pdf

Download (301kB)
[img] Text
932406117_daftarpustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932406117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana proses perumusan masalah kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan pendidikan plus di SDNU Gurah; 2) Bagaimana proses menentukan prediksi kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan pendidikan plus di SDNU Gurah; 3) Bagaimana proses menentukan rekomendasi kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan pendidikan plus di SDNU Gurah; 4) Bagaimana proses pemantauan penerapan kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan pendidikan plus di SDNU Gurah; 5) Bagaimana proses mengevaluasi kinerja kebijakan pendidikan dalam pengaplikasian pendidikan plus di SDNU Gurah. Penelitian ini termasuk dalam kategori pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya berupa deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripksikan kebijakan-kebijakan yang diberikan kepada Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Gurah Kabupaten Kediri dalam mengaplikasikan pendidikan plus. Penulis dapat menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa dalam penetapan kebijakan pendidikan terkait pengaplikasian pendidikan plus di SDNU Gurah melalui beberapa tahapan yaitu, 1) Tahap Perumusan Masalah Kebijakan Pendidikan; 2) Tahap Menentukan Prediksi Kebijakan Pendidikan; 3) Tahap Menentukan Rekomendasi Kebijakan Pendidikan; 4) Tahap pemantauan Penerapan Kebijakan Pendidikan; 5) Tahap Mengevaluasi Kinerja Kebijakan. Adapun kebijakan yang ditetapkan adalah: a) Adanya kebijakan dari YPI Al Fattah Gurah untuk mengimplementasikan kurikulum plus pada kurikulum SDNU Gurah; b) YPI Al Fattah Gurah Mendirikan Madin Awaliyah Al Fattah Gurah sebagai penunjang dalam mengaplikasikan kurikulum plus di SDNU Gurah; c) Rencana kepala SDNU Gurah untuk menerapkan metode Tilawati pada program pembelajaran BTQ dan Tahfidz; d) Adanya program parenting untuk menunjang pemantauan pelaksanaan pengaplikasian pendidikan plus di SDNU Gurah. Adapun hasil atau output dari pengaplikasian pendidikan plus di SDNU Gurah berdampak baik terhadap kemampuan akademis ke-Islaman dan berdampak pada pengembangan pendidikan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizkia Muftihatus Saadah
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:14
Last Modified: 18 Jul 2022 02:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item