Asna Ashabul Maimanah, AAM (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutor) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932300618_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932300618_bab1.pdf Download (566kB) |
|
Text
932300618_bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
932300618_bab3.pdf Download (696kB) |
|
Text
932300618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
|
Text
932300618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
932300618_bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
932300618_daftarpustaka.pdf Download (306kB) |
|
Text
932300618_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932300618_suratpernyataan.pdf Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika, karena dianggap mata pelajaran yang membosankan bagi siswa. Dalam hal ini, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, yakni model pembelajaran tutor sebaya (peer tutor). Studi komparasi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor), dan adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor) pada mata pelajaran matematika pada kelas XI pada SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2021/2022. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparatif (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah 344 siswa dan jumlah sampel sebesar 70 siswa dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dihitung dengan Ms. Excel dan analisis data statistik dihitung dengan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 79,6 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya (peer tutor) sebesar 88,46. Sedangkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pengguna model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor) pada mata pelajaran matematika di kelas XI di SMA Negeri 1 Ngadiluwih
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Depositing User: | Asna Ashabul Mamanah |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:38 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5037 |
Actions (login required)
View Item |