Perilaku Keberagamaan Siswa Yang Tinggal Di Panti Asuhan, Rumah Tahfidz, Dan Yang Tinggal Dengan Orang Tua: Studi Kasus Di MTs Baiturrahman Desa Sukorejo

Rodiyah, Umi (2015) Perilaku Keberagamaan Siswa Yang Tinggal Di Panti Asuhan, Rumah Tahfidz, Dan Yang Tinggal Dengan Orang Tua: Studi Kasus Di MTs Baiturrahman Desa Sukorejo. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100613031 prabab.pdf

Download (610kB)
[img] Text
92100613031 BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
92100613031 BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
92100613031 BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
92100613031 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
92100613031 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
92100613031 BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
92100613031 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
92100613031 Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Perilaku keberagamaan merupakan kemampuan bertindak sebagai kombinasi dari aspek pengetahuan, sikap, dan pengamalan seseorang beragama sebagai hasil interaksi dirinya dengan ajaran agama yang dianut melalui proses belajar dalam keluarga, sekolah, komunitas, dan masyarakat luas. Dalam rangka mengetahui kegiatan keagamaan siswa yang tinggal di panti asuhan, rumah tahfidz, dan yang tinggal dengan orang tua, maka peneliti berupaya untuk meneliti perbedaan perilaku keberagamaan siswa MTs Baiturrahman Dusun Tepus Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem kabupaten Kediri . Dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana bentuk kegiatan keagamaan siswa MTs Baiturrahman yang tinggal di panti asuhan, di rumah tahfidz, dan yang tinggal dengan orang tua? 2) Bagaimana perbedaan perilaku keberagamaan siswa MTs Baiturrahman yang tinggal di panti asuhan, di rumah tahfidz, dan yang tinggal dengan orang tua? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kegiatan keagamaan yang paling banyak dilakukan adalah kegiatan keagamaan bagi siswa yang tinggal dengan orang tua. 2) Perilaku keberagamaan siswa yang mencakup lima aspek yang pertama keyakinan bahwa siswa meyakini adanya rukun iman tetapi belum mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk praktik agama siswa yang tinggal dengan orang tua masih minim ibadahnya. Penghayatan tentang perasaan bahwa siswa pasrah dengan doa yang dipanjatkan. Untuk pengetahuan agama mereka banyak mendapatkan dari sekolah. Sedangkan pengalaman keberagamaan, diketahui bahwa perilaku mereka terhadap orang tua untuk siswa yang tinggal dengan orang tua kurang sopan, perkataannya kasar, dan perilaku terhadap teman sebaya siswa MTs Baiturrahman suka menolong sesame teman, bekerja sama, dan berlaku jujur. Dari kelima aspek perilaku keberagamaan yang lebih dominan adalah pengetahuan siswa yang banyak diperoleh dari sekolah dan pengalaman keberagamaan terhadap teman sebaya mereka mampu bersosialisai dengan baik. Sedangkan perilaku keberagamaan yang paling minim adalah praktik ibadah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:56
Last Modified: 14 Jul 2022 01:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item