Fitriana, Fauqoh Qolby (2022) Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Mojo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127818_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932127818_bab1.pdf Download (515kB) |
|
Text
932127818_bab2.pdf Download (533kB) |
|
Text
932127818_bab3.pdf Download (374kB) |
|
Text
932127818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text
932127818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
Text
932127818_bab6.pdf Download (150kB) |
|
Text
932127818_daftarpustaka.pdf Download (362kB) |
|
Text
932127818_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932127818_suratpernyataan.pdf Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Pertama, Perencanaan Sistem SKS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Mojo, Kedua, Pelaksanaan Sistem SKS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Mojo, Ketiga, Evaluasi Sistem SKS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Mojo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Subjek penelitian ini adalah penerapan sistem SKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan 3 tekhnik analisis yaitu kondensasi data, penyajian data (Display data) dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini ditentukan menggunakan kriteria kredibilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Mojo, menunjukkan bahwa Pertama, Perencanaan pelaksanakan program SKS dilaksanakan oleh kepala sekolah, tim pelaksana, tim pengembang kurikulum dengan dibantun oleh bapak ibu guru kelas dalam merancang kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan SKS di SMAN 1 Mojo. Dalam perencanaannya memuat pembentukan tim pelaksana, menunjuk guru untuk ditempatkan di kelas belajr cepat, workshop, menyusun perangkat pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran yang nantinya akan digunakan di dalam kelas. Kedua, Pelaksanaan program SKS ini dilakukan memuat dua tingkatan yaitu pelaksanaan satuan pendidikan dan tingkat kelas. Pelaksanaan tingkat pendidikan ini yang memiliki tanggungjawab secara penuh yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah. Sedangkan pelaksanaan tingkat kelas yang bertanggungjawab secara pebuh yaitu tenaga pendidik. Ketiga, evaluasi program SKS ini meliputi evaluasi yang ditujukan terhadap kurikulum, pengelolaan sekolah dan juga terhadap hasil belajar peserta didik. Evaluasi ini merupakan tahap pengumpulan data yang akan dijadikan sebagai bahan acuan dan pertimbangan untuk melakukan perkembangan dan perbaikan program SKS sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ada di dalam SKS tersebut, sehingga nantinya SKS yang dilaksanakan ini dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fauqoh Qolby Fitriana |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:59 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4995 |
Actions (login required)
View Item |