Nilai Pendidikan Islam Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Tingkat Mts

Futuningsari, Niki (2021) Nilai Pendidikan Islam Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Tingkat Mts. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139217_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932139217_bab1.pdf

Download (549kB)
[img] Text
932139217_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932139217_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
932139217_bab4.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932139217_daftarpustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932139217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

ABSTRAK NIKI FUTUNINGSARI, Dosen Pembimbing Dr. KADI, M.Pd.I dan ERWIN INDRIOKO, M.Pd.I, Nilai Pendidikan Islam dalam Serial Animasi Nussa dan Rara dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Tingkat MTs, Skirpsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri 2021 Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam, Serial Animasi Nussa dan Rara, Relevansi materi akidah akhlak tingkat MTs Penanam pendidikan Islam pada diri seseorang tidak hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah namun juga dapat dilakukan dalam lingkungan keluarga dengan memberikan tayangan-tayangan yang mengandung edukatif yang tidak hanya menyuguhkan hiburan semata namun juga memberikan pengetahuan khususnya nilai pendidikan Islam. Tayangan-tayang serial animasi yang disuguhkan pada Televisi maupun di Youtube masih jarang didalamnya mengandung unsur-unsur edukatif khususnya dalam hal nilai pendidikan Islam, dalam hal ini penulis akan meneliti serial animasi Nussa, serial animasi Nussa dan Rara merupakan produksi dari rumah animasi The Little Giantz yang digagas Mario Irwansyah dengan kolaborasi bersama 4Stripe Production. Serial animasi Nussa dan Rara ini berbeda dengan serial animasi yang lain. Pada serial anamisa lain dalam tayangannya masih terdapat mengndung unsur-unsur kekerasan baik verbal maupun non verbal. berbeda dengan serial animasi Nussa dan Rara, serial animasi Nussa dan Rara merupakan serial animasi yang bernuansakan Islami, dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap serial animasi Nussa dan Rara ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa dan Rara, dan bagaimana Relevansi nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa dan Rara terhadap materi akidah akhlak tingkat MTs. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penilitian Kepustakaan (library research), yaitu penelitian dengan menggunakan literatur kepustakaan, baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini mengkaji serial animasi Nussa yang difokuskan pada episode-episode tertentu dan literatur yang berkaitan dengan nilai pendidikan Islam, maka dari itu peneltian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam serial anmasi Nussa dan Rara terdapat nilai pendidikan Islam diantaranya nilai Akidah, nilai Ibadah yaitu shalat dan dzikir, dan nilai Akhlak yang meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua dan akhlak terhadap masyarakat atau orang lain. Nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa dan Rara memiliki Relevansi dengan materi akidah akhlak tingkat MTs dengan adanya relevansi tersebut maka serial animasi Nussa dan Rara dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran akidah akhlak tingkat MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:12
Last Modified: 13 Jul 2022 07:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4994

Actions (login required)

View Item View Item