Sari, Ike Indah Permata (2021) Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Menanamkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Di MAN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138117_prabab.pdf Download (786kB) |
|
Text
932138117_bab1.pdf Download (208kB) |
|
Text
932138117_bab2.pdf Download (332kB) |
|
Text
932138117_bab3.pdf Download (144kB) |
|
Text
932138117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932138117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
932138117_bab6.pdf Download (121kB) |
|
Text
932138117_daftarpustaka.pdf Download (186kB) |
|
Text
932138117_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ike Indah Permata Sari, 2021. Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Bertanggung Jawab pada Siswa di Man 5 Kediri. Provinsi Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Kediri), Dosen Pembimbing Dr. Hj. MU’AWANAH, M.Pd, INTAN NUYULIS NAENI PUSPITASARI, M.Pd.I. : Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Menanamkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Di Man 5 Kediri, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata Kunci : Kolaborasi, Orang Tua, Guru, Karakter Jujur, Karakter Tanggung Jawab Penelitian ini dilatar belakangi karena banyak di temukan muda mudi yang bertindak gegabah (kurang tanggung jawab) dan suka berbohong. Ditemukan banyak siswa di bangku sekolah yang mencontek, mencuri, dan tindak kekerasan. Apabila masalah tersebut tidak diperhatikan maka akan merusak generasi penerus bangsa. Untuk menanamkan karakter jujur dan tanggung jawab pada peserta didik perlun peran aktif dari keluarga (orang tua), dan pihak sekolah (guru). Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini mengenai bagaimana peran orang tua, peran guru, dan bentuk kolaborasi antara orang tua dan guru dalam menanamkan karakter jujur dan bertanggung jawab siswa di MAN 5 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif pasif, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah dikumpulkan di analisis dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke unit – unit, melakukan sintesis, Menyusun kedalam pola, memilih yang penting, menyimpulkan, dan mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peran orang tua dalam menanamkan karakter jujur dan bertanggung jawab bertindak sebagai manajer, katalisator, fasilisator, motivator, dan inspirator. Sedangkan peran guru dalam menanamkan karakter jujur dan bertanggung jawab yakni sebagai edukator, katalisator, inspirator, motivator, dan evaluator, fasilisator, dan organisator. Dari hasil penelitian kolaborasi orang tua dan guru dalam menanamkan karakter jujur dan bertanggung jawab pada siswa telah terjalin dengan baik secara langsung maupun tidak langsung. Bentuk kolaborasi yang ada di MAN 5 Kediri yaitu anatara lain orang tua hadir dalam petemuan wali kelas hari pertama masuk sekolah, mengikuti pertemuan dengan wali kelas minimal dua kali dalam 1 semester, hadir saat pembagian rapor, mengadakan surat menyurat, komunikasi melalui telepon, memberikan penugasan (PR), kunjungan orang tua ke sekolah, home visit oleh guru bimbingan konseling, dan anjangsana.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 04:40 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 04:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4987 |
Actions (login required)
View Item |