Mahfudah, Dewi Isma (2015) Majlis Ta’lim sebagai Upaya Membangun Karakter Siswa di SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92100211036-prabab.pdf Download (307kB) |
|
Text
92100211036-bab1.pdf Download (340kB) |
|
Text
92100211036-bab2.pdf Download (706kB) |
|
Text
92100211036-bab3.pdf Download (350kB) |
|
Text
92100211036-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
Text
92100211036-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
|
Text
92100211036-bab6.pdf Download (304kB) |
|
Text
92100211036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
|
Text
92100211036-lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
Abstract
Karakter merujuk pada sifat yang melekat dalam diri seseorang dan menunjukkan jati diri orang tersebut. Oleh karenanya, pembangunan karakter harus dilakukan sedini mungkin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan agama memegang peranan yang sangat penting. Melalui pendidikan inilah, nilai-nilai karakter diajarkan agar dapat tertanam kuat menjadi kepribadian seseorang. Begitu pula dengan majlis ta’lim, sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam, majlis ta’lim ini berperan sebagai wadah untuk menanamkan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi yang diajarkan dalam majlis ta’lim SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk, tujuan pelaksanaan majlis ta’lim SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk, strategi yang digunakan dalam majlis ta’lim SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk, dan evaluasi program majlis ta’lim di SMAN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan cara menelaah seluruh data yang diperoleh, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, yaitu menggunakan teknik ketekunan penelitian dan trianggulasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu: 1) materi yang diajarkan dalam majlis ta’lim adalah materi keagamaan Islam meliputi materi Al-Qur’an, shalat, fiqih, dan kitab. Materi keagamaan diambil karena agama mempunyai kedudukan dan fungsi yang mendasar dalam kehidupan, sehingga pembangunan karakter dapat dilakukan dengan berpijak padanya. 2) Tujuan majlis ta’lim adalah untuk mengaktifkan peserta didik dalam pengalaman belajar agar siswa kreatif untuk dapat meningkatkan kemampuan, potensi dan bakat dalam beribadah terutama meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 3)Strategi yang digunakan adalah dengan mengajarkan, pembiasaan, keteladanan, penanaman kedisiplinan, menciptakan suasana yang kondusif, dan integrasi dan internalisasi, yang terealisasi dalam pelaksanaan program-program majlis ta’lim. 4) Evaluasi program majlis ta’lim dilakukan untuk membahas pelaksanaan majlis ta’lim dan membuat rancangan program majlis ta’lim untuk tahun depan. Dalam evaluasi ini juga dibahas program yang layak untuk dilanjutkan, program mana yang perlu untuk direvisi, dan apakah ada program baru yang akan dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:44 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4965 |
Actions (login required)
View Item |