Upaya Guru PAI Dalam Menjadikan Masjid Sebagai Sarana Memajukan Budaya Religius(Studi Fenomenologi Di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri)

Umaroh, Anita Khoirul (2015) Upaya Guru PAI Dalam Menjadikan Masjid Sebagai Sarana Memajukan Budaya Religius(Studi Fenomenologi Di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100412010 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92100412010-bab1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
92100412010-bab2.pdf

Download (758kB)
[img] Text
92100412010-bab3.pdf

Download (477kB)
[img] Text
92100412010-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
92100412010-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
92100412010-bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
92100412010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Masjid sekarang ini menjadi tempat yang eksklusif untuk dijamah oleh beberapa kalangan, yang umum terjadi masjid seakan-akan menjadi milik kalangan tua saja. Masjid mulai minim fungsi, yang dulunya masjid menjadi tempat transformasi keilmuan keIslaman sekarang masjid hanya berfungsi sebatas sebagai tempat sholat berjamaah saja. Fungsi yang terahir inipun seakan mulai menghilang dari masjid jika melihat semakin hari shof sholat masjid semakin bertambah maju barisannya. Jamaah sholat hanya itu-itu saja, bahkan tak jarang kita jumpai yang berjamaah hanya dua orang saja, imam dan makmumnya di mana makmum tadi punya tugas ganda, sebelum jadi makmum jadi muadzin, iqomah dan makmum. Sungguh ironis memang, tapi inilah realita Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, yang menjadi fokus penelitian ini adalah: 1. Upaya apa yang dilakukan Guru PAI untuk menjadikan masjid sebagai sarana mengembangkan budaya religius di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri? 2. Bagaimana partisipasi civitas akademik dalam mendukung upaya Guru PAI menjadikan masjid sebagai sarana mengembangkan budaya religius di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri? 3. Budaya religius seperti apakah yang ingin dikembangkan oleh guru PAI melalui sarana masjid di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus, dalam penelitian ini penulis akan menelaah secara komprehensif, mendetail, dan mendalam dari lokasi yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan budaya religi di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri. Salah satunya dengan penerapan strategi pemanfaatan fungsi masjid. Jadi masjid tidak adanya sebagai tempat ibadah saja melainkan sebagai bentuk tranformasi nilai-nilai kebudayaan religi yang jarang sekali didapat di ruang sekolah. Upaya yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan dukungan dari berbagai pihak, yaitu civitas akademik khusus nya dan juga masyarakat umumnya. (2). Partisipasi civitas akademik dalam mendukung upaya Guru PAI menjadikan masjid sebagai sarana mengembangkan budaya religius di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri. (3). Macam-macam budaya religious yang ingin dikembangkan oleh guru PAI melalui sarana masjid di MI Diponegoro Sukorejo Gurah Kediri. Upaya yang dilakukan dalam hal ini belum sampai pada memajukan budaya religius tapi masih membudayakan kehidupan religi melalui masjid. Contoh: tiap masuk masjid siswa harus memegang tasbih, melatih menjadi imam, iqomah, shalat tahiyatal masjid, menata shof dengan rapi, iktikaf, dll. Dalam hal ini ada beberapa yang ingin dibudayakan yaitu meliputi: Siswa memiliki akhlak yang baik, contoh berbicara dan bersikap sopan santun, berpakaian bersih dan rapi. Siswa bisa melaksanakan shalat tepat waktu dan benar Siswa bisa mempraktekkan tahlil. Siswa bisa mempraktekkan istighotsah. Siswa bisa mengerti dan mengamalkan ajaran Aswaja dengan yakin dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:55
Last Modified: 12 Jul 2022 07:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item