Rohmawati, Anik (2015) Implementasi Pengembangan Kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
5 Abstrak.pdf Download (253kB) |
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) |
|
Text
10 DAFTAR TABEL.pdf Download (181kB) |
|
Text
11 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (278kB) |
|
Text
92100613007-bab1-3.pdf Download (979kB) |
|
Text
92100613007-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92100613007-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text
92100613007-bab6.pdf Download (295kB) |
|
Text
92100613007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Sejalan dengan semakin pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan out put merupakan sesuatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang tujuan dasarnya adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas baik secara intelektual, integritas, maupun perannya dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu baik sekolah maupun madrasah harus membekali dirinya dengan kurikulum yang memadai pendukung konseling dan kegiatan ekstrakurikuler Fokus penelitian dalam tesis ini adalah Implementasi Pengembangan Kegiatan Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri dalam yang meliputi: (1) Bagaimana bentuk pengembangan dan kegiatan akademik dan non akademik ? (2) Bagaimana prestasi akademik dan Non akademik yang di peroleh siswa SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri? (3) Bagaimana metode yang digunakan dalam mengembangkan prestasi belajar di SMA Ar-Risalah Lirboyo Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang yang diteliti, dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki latar yang alami, manusia sebagai alat pengumpulan data, analisis data secara induktif dan penelitian bersifat diskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus, dalam penelitian ini penulis akan menelaah secara komprehensif, mendetail, dan mendalam dari lokasi yang diteliti. Hasil analisis menunjukkan: dengan menambah alokasi waktu belajar, yaitu pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa mandarin dan Bahasa Arab. b) membentuk kelompok-kelompok kecil untuk pendalaman bahasa Inggris dan bahasa Arab, Bahasa mandarin dalam hal ini siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil, dan dalam kelompok tersebut seorang siswa yang dianggap lebih mampu ditunjuk oleh tutor sebagai ketua kelompok untuk membimbing teman-temannya, c) mendatangkan tutor, untuk program pendalaman bahasa Inggris tutor didatangkan langsung dari guru bantu dari Amerika, sedangkan tutor dari Bahasa Mandarin juga langsung di datangkan dari RRC, sedangakan untuk tutor Bahasa Arab dengan di wujudkannya yakni langsung bekerja sama dengan lembaga pendidika Bahasa Arab dari UIN Sunan Ampel Surabaya, d) membentuk forum musyawaroh belajar (takror), takror dilaksanakan diluar jam belajar sekolah, dalam bentuk belajar bersama dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab dengan bahasan materi pelajaran sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4956 |
Actions (login required)
View Item |