Bibis, Muhammad (2021) “Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Sosial Dalam Alqurán Surat Al-Hujurat Ayat 6-13 Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129814_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932129814_bab1.pdf Download (690kB) |
|
Text
932129814_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932129814_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
932129814_bab4.pdf Download (412kB) |
|
Text
932129814_daftarpustaka.pdf Download (417kB) |
|
Text
932129814_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD BIBIS, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag. dan Dr. Hj Munifah, M.Pd. : Relevansi Nilai-Nilai akhlak Sosial Dalam Al-Qurán surat Al-Hujurat Ayat 6-13 Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri, Kediri, 2020. Kata kunci: Relevansi, Akhlak Sosial, Tujuan Pendidikan Nasional. Penelitian ini mengenai Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Sosial Dalam AlQurán Surat Al-Hujurat Ayat 6-13 Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Bahwa, Tujuan Pendidikan Nasional pasal 1 UUD Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini bermaksud untuk menggali dan mengetahui bagaimana nilai akhlak sosial yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 6-13 serta relevansinya terhadap tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1). Nilai-nilai akhlak sosial apa saja yang terkandung dalam surat Al-Hujurat ayat 6-13. 2). Relevansi nilai-nilai Akhlak Sosial dengan Tujuan pendidikan Nasional. Untuk menjawab penelitian tersebut penulis menggunakan penelitian library research. Penelitian ini merupakan metode yang mendeskripsikan perilaku orang, tempat atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini meliputi tafsir AlMisbah, Tafsir Ibnu Katsier, dan Tafsir Al-Azhar, serta buku-buku yang membahas mengenai akhlak sosial, tujuan pendidikan nasional dan buku-buku lain yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai akhlak sosial dalam surat Al-Hujurat ayat 6-13 ialah: Tabayyun, Adil, Damai, Berkata yang baik, larangan menggunjing, dan Ta’aruf, relevansinya terhadap tujuan pendidikan nasional adalah nilai tersebut selaras dalam membentuk peserta didik menjadi berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. nilai akhlak sosial tersebut merupakan salah satu syarat untuk mewujudkan Tujuan pendidikan nasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 02:51 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 02:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4847 |
Actions (login required)
View Item |