Khohar, Ahmad Abdul (2016) Pola Pedagang Dalam Menentukan Harga Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Pasar Induk Komoditi Sayur Buah Dan Pangan Kota Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
COVER_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (830kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (301kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (387kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP BARU_Pedoman Wawancara baru.pdf Download (982kB) |
Abstract
Pola pedagang adalah bentuk, sikap, tingkah laku dan pertimbangan dari pedagang. Penentuan harga adalah proses menentukan apa yang bakal diterima sebuah syarikat sebagai pertukaran untuk produknya. Dalam pricing (penentuan harga) klasik, selalu digunakan pendekatan permintaan dan penawaran (supply and demand). Tetapi di dalam hal ini berbeda, penetapan harga yang dilakukan pedagang tepatnya di Pasar Induk Komoditi Sayur Buah dan Pangan Kota Pare dilakukan karena naik turunnya harga atau kondisi alami pasar yang disebabkan oleh jumlah barang di pasar serta jumlah pembelinya (permintaan dan penawaran). Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena hasil yang diperoleh nantinya bersifat deskriptif. Sesuai dengan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif maka kehadiran peneliti di lapangan mutlak diperlukan sebagai obsevator dalam menentukan validasi data. Dalam penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan berupa data deskriptif, misalnya dokumen pribadi, catatan lapangan, tindakan responden, dokumen, dan lain-lain. Hal itu diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi di Pasar Induk Komoditi Sayur Buah dan Pangan Kota Pare. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Pola pedagang dalam menentukan harga menggunakan pertimbangan harga dari barang dagangan yang relaif berubah-ubah, pengambilan keuntungan, dan metode dalam penentuan harga dari pedagang itu sendiri. 2. Penentuan harga dari pedagang itu sendiri sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Itu terlihat dari adanya kesesuaian landasan tawhid dalam hal pertimbangan penentuan harga, landasan keseimbangan dalam hal penentuan harga secara adil, landasan kehendak bebas dalam hal penentuan laba yang wajar dari pedagang dan landasan pertanggungjawaban dalam hal kesemua hal diatas tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 01:18 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 01:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/483 |
Actions (login required)
View Item |