Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

Dhewantara, Moh. Firdaus Pandhu (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124517_prabab.pdf

Download (889kB)
[img] Text
932124517_bab1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932124517_bab2.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932124517_bab3.pdf

Download (279kB)
[img] Text
932124517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932124517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
932124517_bab6.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932124517_daftarpustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932124517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MOH. FIRDAUS PANDHU DHEWANTARA, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Intan Nuyulis Naeni P., M.Pd.I., Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Peran Guru PAI, Pembinaan Akhlak, Siswa SD. Akhlak menjadi suatu sistem yang menilai perbuatan dhohir dan batin manusia baik secara individu, kelompok, masyarakat dalam interaksi hidup antara manusia dengan Allah, manusia sesama manusia, atau manusia dengan sekitarnya. Maka dari itu pembinaan akhlak sangat urgen untuk dilaksanakan di berbagai lingkungan termasuk di sekolah oleh guru pendidikan agama Islam yang notabenenya memiliki andil yang cukup besar dalam hal akhlak siswa. Dalam hal ini peran dan tugas guru pendidikan agama Islam di hadapkan dengan tantangan yang sangat besar dan komplek, akibat pengaruh negatif dari era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempengaruhi kepribadian dan akhlak pelajar. Jadi guru pendidikan agama Islam di sekolah harus mempunyai berbagai metode agar pembinaan siswa tetap terlaksanakan dengan matang dan maksimal. Seperti halnya guru pendidian agama Islam di SD Islam NU Sekaran Kediri yang telah berperan secara kontinyu dan maksimal dengan melakukan berbagai macam upaya dalam membina akhlak siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa SD Islam NU Sekaran Kecamatan Kayen Kidul Kediri. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, pertama reduksi data untuk merangkum, memilih dan memfokuskan pada hal-hal yang penting, kedua penyajian data guna untuk memastikan data lengkap serta validitas dan reabilitasnya jelas, ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan trianggulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:46
Last Modified: 29 Jun 2022 01:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item