Ngarofah, Dewi Ikromatu; (2021) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Renderforest Pada Kelas Xmata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Ma Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122617_prabab.pdf Download (732kB) |
|
Text
932122617_bab1.pdf Download (261kB) |
|
Text
932122617_bab2.pdf Download (232kB) |
|
Text
932122617_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
Text
932122617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
|
Text
932122617_bab5.pdf Download (127kB) |
|
Text
932122617_daftarpustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
932122617_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK DEWI IKROMATUL NGAROFAH, 2021, PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA KELAS X MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MA‟ARIF UDANAWU BLITAR, SKRIPSI, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN KEDIRI, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Mohammad Asy‟ari, M.H.I. Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi Pembelajaran Agar proses pembelajaran yang dilakukan secara online maupun ofline dapat terlaksana dengan baik sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik, maka dari itu dibuatlah media pembelajaran berbentuk video animasi. Untuk mengoptimalisasi pengembang menggunakan renderforest. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangan media video animasi pembelajaran berbasis renderforest, 2) mengetahui keefektifan media video animasi pembelajaran berbasis renderforest berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, uji coba perorangan oleh siswa, uji kelompok kecil dan uji coba lapangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase dan uji T satu sampel untuk ketuntasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian 1) melakukan analisis pada kurikulum, metode, media dan sarana prasarana. Tahap desain membuat naskah media. Tahap pengembangan dilakukan pengujian, revisi, validasi produk oleh para ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi media video pembelajaran dilakukan melalui uji coba media. Selanjutnya evaluasi dengan tes melalui pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. 2) Sedangkan kelayakan dan keefektifan media video animasi pembelajaran berbasis renderforest memenuhi kriteria sangat baik berdasarkan validasi ahli media yang memperoleh 95.4% berdasarkan mutu teknis, 93.1% berdasarkan aspek media, 87.5% berdasarkan keefektifan program. Sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh 90.6% berdasarkan aspek media, 100% berdasarkan kesesuian materi. Sedangkan berdasarkan tanggapan siswa diperoleh presentase sebesar 85.15%. Hasil analisis uji t, pada α = 0.05 dengan dk = 45-1 = 44 diperoleh ttable = 1,68023 dan thitung = 8,5651. Karena thitung lebih besar dari ttable maka hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi pembelajaran berbasis renderforest layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di MA Ma‟arif Udanawu Blitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:38 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4810 |
Actions (login required)
View Item |