Lailiyyah, Ana Wasi'atul (2021) Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Mipa Di SMA Negeri 1 Purwoasri Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119017_prabab.pdf Download (6MB) |
|
Text
932119017_bab1.pdf Download (864kB) |
|
Text
932119017_bab2.pdf Download (517kB) |
|
Text
932119017_bab3.pdf Download (776kB) |
|
Text
932119017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
932119017_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
932119017_bab6.pdf Download (229kB) |
|
Text
932119017_daftarpustaka.pdf Download (456kB) |
|
Text
932119017_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK ANA WASI’ATUL LAILIYYAH, Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si, dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si., : Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII Mipa Di Sma Negeri 1 Purwoasri Tahun Ajaran 2020/2021 Kata Kunci: Kualitas, Analisis Butir Soal, PAT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kualitas butir soal PAT PAI Kelas XII MIPA Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Purwoasri, 2) Karakteristik Butir Soal PAT PAI Kelas XII MIPA Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Purwoasri. Penelitian ini Populasinya adalah kelas XII MIPA sebanyak 4 kelas dengan sampel 91 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis teknik random sampling dengan pengumpulan data menggunakan dokumen asli soal PAT, kunci jawaban PAT, dan Lembar jawaban PAT. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan 1) Kualitas butir soal dilihat dari validitasnya soal PAT Kelas XII MIPA Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Purwoasri memiliki kategori valid 72% dan yang tidak valid 28%, sedangkan kualitas butir soal dilihat dari reliabilitasnya memiliki reliabel sangat tinggi. 2) Karakteristik butir soal dilihat dari tingkat kesukaran soal PAT PAI Kelas XII MIPA Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Purwoasri memiliki kategori mudah yaitu sebanyak 36 soal mudah (90%) dan 4 soal dalam kategori sedang (10%), dan karakteristik butir soal dilihat dari daya beda soal memiliki kategori jelek dan sulit membedakan mana siswa yang sudah menguasai materi dan yang belum menguasai. Sebanyak 40 soal dengan kategori 5 soal (perlu dibuang), 22 soal termasuk kategori jelek, 10 soal dalam kategori cukup, 3 soal dalam kategori baik, sedangkan dilihat dari analisis distraktor termasuk soal yang berfungsi distraktor nya namun dengan kriteria jelek yaitu sebanyak 39 soal (98%) dengan kategori jelek dan 1 soal (2%) kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 03:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4785 |
Actions (login required)
View Item |