Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD NU Pare Selama Masa Pandemi Covid-19

Oktaviony, Alfira (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD NU Pare Selama Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117117_bab1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932117117_bab2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932117117_bab3.pdf

Download (156kB)
[img] Text
932117117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
932117117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932117117_bab6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932117117_daftarpustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932117117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALFIRA OKTAVIONY, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Yasin, M. Pd. dan M. Nabil Khasbullah, M. Pd. I. : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Islam NU Pare selama Masa Pandemi COVID-19, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar, Masa Pandemi Guru merupakan komponen utama dalam proses pengembangan potensi keilmuan peserta didik. Guru memegang tanggung jawab atas keberhasilan dalam pembelajaran. Perubahan proses pembelajaran di sekolah saat ini berawal dari kondisi pandemi COVID-19 (Coroavirus Disease) yang tidak memungkinkan dilaksanakannya kegiatan pembelajaran tatap muka. Hal tersebut mengakibatkan adanya hambatan dalam pencapaian prestasi belajar peserta didik.Untuk itu, diperlukannya upaya guru sebagai pendidik dalam mengatasi hambatan serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adapun fokus dari penelitian iniadalah :1) Bagaimana upaya guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Islam NU Pare selama masa pandemic COVID-19?2) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Islam NU Pare selama masa pandemic COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Lokasi penelitian berada di SD Islam NU Pare.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.DDengan pengecekan keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dari penelitian ini terdapat beberapa temuan 1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Islam NUPare selama masa pandemi COVID-19, di antaranya yaitu :Guru melakukan perencanaan pembelajaran dan menyiapkan materi pembelajaran dengan baik, Penggunaan media dan metode pembelajaran yang bervariasi, Adanya kerjasama dan komunikasi antar guru dalam forum Kelompok Kerja Guru (KKG) Pembelajaran yang variatif, Adanya pembiasaan keagamaan, Pemberian motivasi dan Pembentukan perilaku baik, serta Home Visit. 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Islam NU Pare selama masa pandemi COVID-19 yang meliputi :Faktor Penghambat yakni kurangnya pemahaman peserta didik, kurangnya minat belajar peserta didik, dan pengaruh lingkungan keluarga. Faktor Pendukung yaitu adanya fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, serta adanya pembinaan dan pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:01
Last Modified: 21 Jun 2022 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item