Janah, Binti Mifthaqul (2021) Metode An-Nahdliyah Dalam Penguatan Fasih Membaca Al-Qur’an ( Studi Kasus Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Huda Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110317_prabab.pdf Download (526kB) |
|
Text
932110317_bab1.pdf Download (386kB) |
|
Text
932110317_bab2.pdf Download (562kB) |
|
Text
932110317_bab3.pdf Download (376kB) |
|
Text
932110317_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text
932110317_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
932110317_bab6.pdf Download (173kB) |
|
Text
932110317_daftarpustaka.pdf Download (320kB) |
|
Text
932110317_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
Abstract
ABSTRAK BINTI MIFTHAQUL JANAH, Dosen Pembimbing Bapak Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag dan Ibu Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I : ―Metode AnNahdliyah Dalam Penguatan Fasih Membaca Al-Qur’an ( Studi Kasus Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Huda Desa Gambyok Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri )‖. Provinsi Jawa Timur, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Fasih Membaca, Al-Qur’an Pembelajaran membaca Al-Qur’an memiliki tujuan untuk dapat membaca secara tartil dan fasih. Metode memiliki peran penting dalam menyampaikan materi pembelajaran, salah satu dari metode yang saat ini yaitu metode An-Nahdliyah. Dalam penelitian ini fokus penelitian yang digunakan ialah (1) Perencanaan penggunaan metode An-Nahdliyah dalam penguat fasih membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Huda Desa Gambyok (2) Pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam penguat fasih membaca A l-Qur’an di TPQ Darul Huda Desa Gambyok (3) Evaluasi penggunaan metode AnNahdliyah dalam penguat fasih membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Huda Desa Gambyok. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode An— Nahdliyah. Wawancara dilakukan kepada kepala TPQ, Ustadzah, dan santri. Dokumentasi untuk mendapatkan dokumen pendukung observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) perencanaan penggunaan metode An-Nahdliyah dalam pengutan fasih meliputi perumusan tujuan, materi, metode, evalausi, serta perencanaan pada tenaga pendidik dan santri (2) pelaksanaan metode An-Nahdliyah dilakukan dengan tiga tahap, pembuka, inti, dan penutup, inti dilakukan dengan dua sistem yaitu sistem klasikal dan privat (3) evaluasi metode An-Nahdliyah mengadakan penilain harian, penilaian kenaikan jilid, serta penilaian materi tambahan dilaksanakan sesuai dengan buku pedoman An-Nahdliyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:18 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4727 |
Actions (login required)
View Item |