Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kutu Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Ma’arif Nu Insan Cendekia Kota Kediri

Prasetias, Hari (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kutu Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Ma’arif Nu Insan Cendekia Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103117_prabab.pdf

Download (682kB)
[img] Text
932103117_bab1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932103117_bab2.pdf

Download (485kB)
[img] Text
932103117_bab3.pdf

Download (618kB)
[img] Text
932103117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932103117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
932103117_daftarpustaka.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932103117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hari Prasetia. 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif KUTU Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTs Ma’arif NU Insan Cendekia Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri, Pembimbing (1) Dr. H. Ilham Tohari, S.H, M.H.I. dan Pembimbing (2) M. Alim Khoiri, S.H, M.Sy Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif, Game KUTU Penelitian terkait pengembangan game interaktif KUTU (Kuis Berhantu) ini dilatar belakangi oleh maraknya pengembangan multimediamultimedia interaktif saat ini. Program dan aplikasi pengembang game interaktif seperti Adobe Flash mulai diminati oleh kalangan pendidik dengan berkembangnya IT di dunia pendidikan. Akan tetapi, Adobe Flash yang notabene menggunakan bahasa Actionscript seringkali menjadi kendala di kalangan pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran berbagai mata pelajaran termasuk Fikih. Terlebih pasca pembelajaran daring dimasa pandemi, pembelajaran interaktif tentu akan sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat meningkatkan semangat belajar mereka. Salah satu program yang sudah familiar di semua kalangan termasuk pendidik adalah program Microsoft Powerpoint. Program yang seringkali digunakan untuk melakukan presentasi materi ini, ternyata lambat laun dalam perkembangannya juga medukung dalam berbagai media grafis seperti audio dan video. Dengan potensi besar tersebut, tentu akan lebih mudah memperkenalkan game yang berasal dari produk Microsoft Powerpoint daripada penggunaan bahasa Actionscript bagi kalangan pendidik yang baru melek teknologi. Berdasarkan observasi peneliti di MTs Ma’arif NU Insan Cendekia yang notabenenya merupakan sekolah baru berdiri dengan 5 siswa di angkatan pertama ini, problem minimnya interaksi pasca pembelajaran daring tentu akan semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi solutif dalam menangani hal tersebut, seperti halnya game KUTU ini. Fokus penelitian ini adalah terkait proses pengembangan game KUTU, tingkat kelayakannya, serta presentase keberhasilannya saat pengaplikasian produk. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan metode Research and Development (RnD) menggunakan 2 jenis data yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada model metodologi Borg dan Gall. Hasil penelitian pengembangan melalui tahapan validasi produk oleh ahli desain menunjukkan skor kelayakan 95,7% dan oleh ahli media memperoleh skor 86%. Selain itu, hasil skor kelayakan dari ahli materi juga mendapat kategori sangat layak dengan presentase 87,%. Sedangkan hasil kuesioner yang di berikan pada siswa demi mengetahui respon dari siswa terhadap media yang dibuat adalah 80,84. Nilai tersebut bisa dikategorikan berhasil dalam pengujiannya sehingga dapat diambil kesimpulan produk media game KUTU yang telah dibuat layak untuk dipakai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:51
Last Modified: 14 Jun 2022 07:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item