Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN Manggis 3 Puncu

Abidin, Ananda Bagus (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN Manggis 3 Puncu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107116_prabab.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Ananda Bagus Abidin, Dosen Pembimbing H. Ilham Tohari, SH. M. HI dan H. SAIFULLAH, M. Ag : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Masa Covid-19 di SDN Manggis 3 Puncu Kata Kunci : Karakter, Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Karakter adalah unsur kepribadian yang ditinjau dari segi etis atau moral. Karakter mengacu pada serangkaian sikap, perilaku motivasi, dan ketrampilan sebagai manifestasi nilai dan kapasitas moral. Karakter mengandung nilai-nilai khas misalnya nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik terhadap lingkungan yang terpatri dalam diri dan berwujud dalam perilaku. Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang dapat dilaksanakan disekolah salah satunya adalah melalui membiasakan untuk mengamalkan ilmu agama yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari hari dan melakukan secara terus menerus agar terbiasa untuk mengamalkan ilmu agama yang telah guru ajarkan. Dengan begitu siswa/peserta didik akan terbiasa dalam menjalankan ibadah sebagai pengamalan ilmunya dimanapun kelak mereka berada. Tujuan dari penelitian disini ada tiga yaitu, untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa di SDN Manggis 3 Puncu, selain itu juga untuk mendeskripsikan hasil penanaman karakter di SDN Manggis 3 Puncu, dan yang terakhir untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter siswa di SDN Manggis 3 Puncu. Sedangkan metode penelitian yang dipakai menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) Guru membuat RPP berkarakter, guru membuat group WA dan guru juga bekerja sama dengan orang tua wali, guru menyuruh siswa membuat video praktek, guru memberikan lembar kontrol, guru memberi contoh keteladanan mulai dari pakaian yang rapi dan tutur kata yang baik, dan lain-lain, guru pro aktif mengingatkan siswa, guru melakukan kunjungan kerumah-rumah siswa, dan guru memberikan sangsi kepada siswa yang melanggar. 2) Hasil dari penanaman karakter dimasa pandemi yaitu, siswa memiliki nilai religius, siswa memiliki rasa nasionalis, siswa menjadi lebih disiplin, siswa memiliki karakter kreatif, siswa memiliki rasa tanggung jawab, serta siswa memiliki rasa ingin tau dan peka akan lingkungan. 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung terlaksananya adalah: Adanya kontrol dari kepala sekolah, Adanya dukungan dari orang tua, sementara faktor penghambatnya adalah: jaringan internet yang tidak stabil sehingga menjadi penghalang pembelajaran, tugas dari guru terlalu menumpuk, dan rasa malas siswa dalam mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ananda Bagus Abidin
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:39
Last Modified: 08 Jun 2022 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item