Rahmawati, Anita (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Kontrak Bisnis Jasa Creator Video Dengan Google Adsense (Studi Kasus di Kediri Creator Community). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931200815_prabab.pdf Download (846kB) |
|
Text
931200815_bab1.pdf Download (336kB) |
|
Text
931200815_bab2.pdf Download (486kB) |
|
Text
931200815_bab3.pdf Download (212kB) |
|
Text
931200815_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text
931200815_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text
931200815_bab6.pdf Download (344kB) |
|
Text
931200815_daftarpustaka.pdf Download (314kB) |
|
Text
931200815_suratpernyataan.pdf Download (393kB) |
Abstract
ABSTRAK Anita Rahmawati, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Kontrak Bisnis Jasa Creator Video Dengan Google Adsense (Studi kasus di Kediri Creator Community). Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syari‟ah, Fakultas Syari‟ah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Imam Annas Mushlihin, M.HI dan (2) Dr. H. Jamaludin Achmad Kholik, MA Kata Kunci : : Google Adsense, Ijarah, Creator Video Kontrak di Google Adsense merupakan akad yang melibatkan tiga pihak, yaitu pihak perusahaan yang akan mengiklankan produk, Google Adsense, dan creator video. Di antara perbedaan ini kontrak ini dengan kontrak pada umumnya adalah, kontrak yang terjadi antara ketiga pihak tersebut terjadi secara online. Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kontrak yang digunakan dalam bisnis jasa creator video, dan untuk mengetahui bahwa pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan kontrak yang terjadi pada Bisnis Jasa Creator Video dengan Google Adsense. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terdapat beberapa teori yang menjadi landasan penelitian ini, yaitu teori pengertian Creator beserta tugasnya, hukum kontrak dalam islam, dan Ijarah (sewa-menyewa) guna untuk menganalisis aspek hukum islam yang terdapat di dalam bisnis ini. Teori yang digunakan ini akan dipakai untuk menganalisis pelaksaan kontrak di antara Google Adsense dengan seorang Creator yang di pandang dalam hukum Islam. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa pelaksanaan kontrak yang terjadi antara Creator dan Google Adsense merupakan kontrak secara sepihak dimana Google Adsense akan memberikan kebijakan yang harus di penuhi seorang creator lalu jika creator telah memenuhi kebijakan yang di buat Google Adsense secara otomatis kontrak telah terjadi. Hal ini telah sesuai dengan nilai-nilai dasar aturan hukum kontrak dalam hukum Islam. Hukum Islam tidak melarang untuk melakukan perjanjian antara kaum muslimin kecuali perjanjian yang menghalalkan yang haram perjanjian ini berlaku dalam pelaksaan kontrak ini, agar terlahirnya kemaslahatan dan kesejahteraan bersama. Di samping itu, terdapat upaya kebijakan-kebijakan yang di berlakukan Google Adsense menunjukkan bahwa adanya penerapan nilai-nilai etika bisnis agar terjadi keabsahan dalam berakad
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012709 Ijarah, Ju’alah, ‘Iwadl (Kontrak Kerja, Sewa-menyewa, Upah) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Anita Rahmawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:27 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 07:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4605 |
Actions (login required)
View Item |