Churiyah, Indah (2022) Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di SMK PGRI 1 Keddiri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92400920004_prabab.pdf Download (580kB) |
|
Text
92400920004_bab1.pdf Download (229kB) |
|
Text
92400920004_bab2.pdf Download (406kB) |
|
Text
92400920004_bab3.pdf Download (164kB) |
|
Text
92400920004_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
Text
92400920004_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
92400920004_bab6.pdf Download (110kB) |
|
Text
92400920004_daftarpustaka.pdf Download (204kB) |
|
Text
92400920004_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
Abstract
Indah Churiyah 2022, Evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK PGRI 1 Kediri, Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing I: Dr. HJ. Munifah, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Noer Hidayah, M. Si. Kata Kunci: Evaluasi, Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru. Penerimaan Peserta Didik Baru atau biasa kita menyebut PPDB merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah. Dikatakan demikian karena apabila tidak ada penerimaan maka sekolah akan tidak mendapatkan peserta didik. Apabila hal terebut terjadi, maka eksistensi sekolah pun akan terganggu. Sehingga dalam waktu yang tidak lama sekolah bisa saja ditutup karena tidak mendapatkan peserta didik sesuai dengan kuota yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui komponen context program penerimaan peserta didik baru, 2.) mengetahui komponen input program penerimaan peserta didik baru, 3.) mengetahui komponen process program penerimaan peserta didik baru, 4) mengetahui komponen product program penerimaan peserta didik baru di SMK PGRI 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan ketua panitia PPDB, kepala bidang kesiswaan, kepala bidang sarana dan prasarana, dan panitia pelaksanaan PPDB. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program PPDB di SMK PGRI 1 Kediri. Data dikumpulkan kemudian di reduksi ditampilkan dan ditarik kesimpulan. Untuk mendapatkan data valid, data kemudian di analisis dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penerimaan peserta didik baru di SMK PGRI 1 Kediri sudah terlaksana sangat baik sesuai dengan permendiknas nomer 1 tahun 2021 yang ditinjau menggunakan CIPP yakni: 1) evaluasi context meliputi tujuan, legalitas serta dukungan lingkungan, 2) evaluasi input meliputi pembentukan panitia PPDB, penetapan daya tampung, penetapan syarat-syarat pendaftaran, persiapan promosi, persiapan administrasi dan kelengkapan sarana prasarana yang menunjang kegiatan PPDB, evaluasi process meliputi sistem seleksi PPDB, kriteria peserta didik yang diterima, Prosedur PPDB sebelum dan pada masa pandemi covid-19 dan hambatan yang terjadi selama kegiatan PPDB, evaluasi product meliputi jumlah peserta didik yang diterima melalui kegiatan PPDB, pengelompokan kelas atau penjurusan, dan hasil dari penjursan apakah sesuai dengan keinginan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Churiyah |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 07:30 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 07:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4581 |
Actions (login required)
View Item |