Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di SMK PGRI 1 Keddiri

Churiyah, Indah (2022) Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di SMK PGRI 1 Keddiri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400920004_prabab.pdf

Download (580kB)
[img] Text
92400920004_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
92400920004_bab2.pdf

Download (406kB)
[img] Text
92400920004_bab3.pdf

Download (164kB)
[img] Text
92400920004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
92400920004_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
92400920004_bab6.pdf

Download (110kB)
[img] Text
92400920004_daftarpustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
92400920004_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Indah Churiyah 2022, Evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK PGRI 1 Kediri, Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing I: Dr. HJ. Munifah, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Noer Hidayah, M. Si. Kata Kunci: Evaluasi, Peserta Didik, Penerimaan Peserta Didik Baru. Penerimaan Peserta Didik Baru atau biasa kita menyebut PPDB merupakan kegiatan yang sangat penting di sekolah. Dikatakan demikian karena apabila tidak ada penerimaan maka sekolah akan tidak mendapatkan peserta didik. Apabila hal terebut terjadi, maka eksistensi sekolah pun akan terganggu. Sehingga dalam waktu yang tidak lama sekolah bisa saja ditutup karena tidak mendapatkan peserta didik sesuai dengan kuota yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui komponen context program penerimaan peserta didik baru, 2.) mengetahui komponen input program penerimaan peserta didik baru, 3.) mengetahui komponen process program penerimaan peserta didik baru, 4) mengetahui komponen product program penerimaan peserta didik baru di SMK PGRI 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan ketua panitia PPDB, kepala bidang kesiswaan, kepala bidang sarana dan prasarana, dan panitia pelaksanaan PPDB. Kegiatan observasi dilakukan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program PPDB di SMK PGRI 1 Kediri. Data dikumpulkan kemudian di reduksi ditampilkan dan ditarik kesimpulan. Untuk mendapatkan data valid, data kemudian di analisis dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penerimaan peserta didik baru di SMK PGRI 1 Kediri sudah terlaksana sangat baik sesuai dengan permendiknas nomer 1 tahun 2021 yang ditinjau menggunakan CIPP yakni: 1) evaluasi context meliputi tujuan, legalitas serta dukungan lingkungan, 2) evaluasi input meliputi pembentukan panitia PPDB, penetapan daya tampung, penetapan syarat-syarat pendaftaran, persiapan promosi, persiapan administrasi dan kelengkapan sarana prasarana yang menunjang kegiatan PPDB, evaluasi process meliputi sistem seleksi PPDB, kriteria peserta didik yang diterima, Prosedur PPDB sebelum dan pada masa pandemi covid-19 dan hambatan yang terjadi selama kegiatan PPDB, evaluasi product meliputi jumlah peserta didik yang diterima melalui kegiatan PPDB, pengelompokan kelas atau penjurusan, dan hasil dari penjursan apakah sesuai dengan keinginan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Churiyah
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:30
Last Modified: 03 Jun 2022 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item