Al Rosyid, Barra Muhammad Fath (2021) Kerjasama Orang Tua Dan Guru Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Desa Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134117_prabab.pdf Download (614kB) |
|
Text
932134117_bab1.pdf Download (224kB) |
|
Text
932134117_bab2.pdf Download (434kB) |
|
Text
932134117_bab3.pdf Download (323kB) |
|
Text
932134117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
932134117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
932134117_bab6.pdf Download (233kB) |
|
Text
932134117_daftarpustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
932134117_suratpernyataan.pdf Download (171kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam membentuk karakter religius siswa MI Al Falah Pagu; (2) Untuk mengetahui bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam membentuk karakter religius pada siswa MI Al Falah Pagu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian field research, penelitian ini mengambil latar di MI Al Falah Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru dan orang tua siswa MI Al Falah Pagu Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dan orang tua amat sangat penting bagi siswa karena guru sebagai pendidik, yang berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Guru sebagai pengajar, yakni meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru sebagai pelatih, yakni mengembangkan keterampilan-keterampilan pada peserta didik. Sedangkan peran orang tua juga sangat penting karena orang tua yang menjadi panutan bagi anak-anaknya, karena setiap anak mula-mula mengagumi orang tuanya semua tingkah orang tuanya ditiru oleh anak-anaknya. Orang tua sebagai pendidik yang utama dan yang paling pertama dalam suatu keluarga; (2) Dalam kerjasama antara guru dan orang tua ada beberapa cara yaitu kunjungan ke rumah siswa, di undangnya orang tua ke Madrasah, mengadakan case conference antara guru dan orang tua siswa, dilakukannya surat menyurat antara guru dan orang tua dalam acara tertentu dan adanya badan pembantu Madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Barra Muhammad Fath Al Rosyid |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:58 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4478 |
Actions (login required)
View Item |