Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare)

Setyaningrum, Dessy Ayu (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931311317_prabab.pdf

Download (586kB)
[img] Text
931311317_bab1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
931311317_bab3.pdf

Download (443kB)
[img] Text
931311317_bab2.pdf

Download (598kB)
[img] Text
931311317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
931311317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
931311317_bab6.pdf

Download (196kB)
[img] Text
931311317_daftarpustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
931311317_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DESSY AYU SETYANINGRUM, Dosen Pembimbing : Dr. Andriani, SE., MM., dan Dijan Novia Saka, SE., MM. : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare), Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan. Perkembangan perekonomian di Indonesia pada saat ini tidak hanya berpengaruh kuat pada sebuah industri manufaktur, tetapi hal ini juga di dorong oleh sebuah pertumbuhan di bidang sektor jasa. Pada usaha bidang sektor jasa saat ini mengalami pertumbuhan yang baik. Agar tidak kalah saing antara perusahaan jasa diharuskan bisa memberikan sebuah kepuasan untuk pelanggannya, seperti contoh dengan menawarkan produk yang memiliki kualitas baik, memberikan pelayanan yang baik serta mengerjakan dengan waktu relatif lebih cepat dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan jasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare yang sudah menggunakan layanan jasa lebih dari satu kali pada tahun 2020 sebanyak 5.295 pelanggan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dan berdasarkan tabel issac dan michael diperoleh sampel sebanyak 326 pelanggan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare termasuk dalam kategori baik dengan hasil 72,1%. (2) kepuasan pelanggan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare termasuk dalam kategori puas dengan hasil 84%. (3) Dari uji korelasi nilai Pearson Correlation sebesar 0,788 yang terletak antara 0,61 – 0,80 yang berarti memiliki hubungan yang kuat. Analisis regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y = 11,105 + 0,652 yang menunjukkan ada pengaruh positif antara variabel kualitas pelayanan (X) dan variabel kepuasan pelanggan (Y). Dari hasil uji T dapat diketahui thitung = 23,071 ≥ ttabel = 1,967, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare. Dari hasil analisis diperoleh hasil koefisien determinan (R2 ) menunjukkan nilai 0,622, artinya variabel kualitas pelayanan (X) mampu mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan (Y) sebesar 62,2% sedangkan sisanya 37,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu kualitas produk, harga, emosional, dan biaya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ha diterima, artinya ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Ahass Putra Sentosa Mandiri Pare.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 25 May 2022 03:08
Last Modified: 25 May 2022 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item