Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Suku Banyak (Polinomial)

Saidah, Zulinda Nur (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Suku Banyak (Polinomial). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300917_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300917_bab1.pdf

Download (752kB)
[img] Text
932300917_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300917_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
932300917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932300917_bab5.pdf

Download (523kB)
[img] Text
932300917_daftarpustaka.pdf

Download (387kB)
[img] Text
932300917_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
932300917_suratpernyataan.pdf

Download (90kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih masih belum diimbangi dengan inovasi pembaruan teknologi di bidang pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan pembelajaran di sekolah saat ini masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti buku cetak untuk membantu siswa dalam belajar. Apalagi pada mata pelajaran matematika, beberapa siswa masih merasa kesulitan memahami materi. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri salah satunya dengan memanfaatkan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli materi dan media, kepraktisan dan soal pretest-posttest. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi memperoleh persentase skor sebesar 90% dengan kriteria valid dan dari ahli media memperoleh persentase skor sebesar 87,14% dengan kriteria valid. Pada aspek kepraktisan, media pembelajaran dinyatakan sangat praktis digunakan sebagai penunjang pembelajaran dengan perolehan persentase skor sebesar 91,83% dari penilaian guru dan peserta didik. Pada hasil pretest-postest peserta didik, peningkatan hasil belajar berada pada tingkat “sedang” dilihat dari skor uji n-gain sebesar 0,66 sehingga media pembelajaran “Pintar Polinomial” dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran materi suku banyak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Pintar Polinomial” sudah layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Zulinda Nur Saidah
Date Deposited: 25 May 2022 01:47
Last Modified: 25 May 2022 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item