Strategi Dakwah Komunitas Shalawat Everyday Di Media Sosial

Handayani, Cika Putri (2022) Strategi Dakwah Komunitas Shalawat Everyday Di Media Sosial. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933507916 - Prabab .pdf

Download (830kB)
[img] Text
933507916 - Bab I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
933507916 - Bab II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
933507916 - Bab III.pdf

Download (545kB)
[img] Text
933507916 - Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
933507916 - Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
933507916 - Bab VI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
933507916 - Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
933507916 - Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
933507916 - Surat Pernyataan .pdf

Download (376kB)

Abstract

CIKA PUTRI HANDAYANI 2021. “Strategi Dakwah Komunitas Shalawat Everyday di Media Sosial” Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri, Pembimbing (1) Dr. Prilani, M.Si dan Pembimbing (2) Dr. Khaerul Umam. M.Ud. Kata Kunci: Strategi, Dakwah, Komunitas, Shalawat Strategi dakwah merupakan proses menentukan cara untuk menghadapi sasaran dakwah dalam suatu kondisi tertentu secara optimal. Salah satu dakwah yang sering dijumpai adalah dengan membaca shalawat. Shalawat dikenal melalui lagu-lagu religi yang sering kita dengarkan. Umumnya, masyarakat yang bershalawat lebih menyukai shalawat dengan iringan lagu, namun Shalawat Everyday memiliki banyak pengikut meskipun bershalawat tanpa iringan musik dan disarankan untuk bershalawat sebanyak-banyaknya. Hal ini diperlukan strategi untuk mengajak khalayak untuk bershalawat setiap hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang berhubungan dengan strategi dakwah komunitas Shalawat Everyday lalu penulis menganalisis antara temuan data dengan teori yang digunakan setelah itu disajikan untuk tahap akhirnya berupa kesimpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan oleh komunitas Shalawat Everyday mulai dari strategi pemilihan komunikator yang hampir sesuai dengan faktor yang harus dimiliki komunikator yaitu komunikator memiliki kredibilitas dan daya tarik psikologis namun tidak memiliki faktor daya tarik secara fisik. Strategi penyusunan dan penyajian pesan sudah memuat ketiga unsur pesan yaitu informatif, edukatif dan persuasif. Strategi pemilihan media kurang lengkap karena hanya menggunakan media sosial seperti instagram, telegram, whatsApp dan website, komunitas ini tidak memiliki media cetak seperti buku atau majalah untuk menyebarluaskan ajakan bershalawat. Strategi pemilihan dan pengenalan khalayak sasaran yaitu menggunakan cara pendekatan secara internal maupun eksternal

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Cika Putri Handayani
Date Deposited: 20 May 2022 05:58
Last Modified: 20 May 2022 05:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item