Entrepreneuship Dalam Surah Quraisy: Aplikasi Pendekatan Ma'na-Cum-Maghza

Siti Khajar Ali, hajar (2021) Entrepreneuship Dalam Surah Quraisy: Aplikasi Pendekatan Ma'na-Cum-Maghza. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92201019002_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
92201019002_bab1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
92201019002_bab2.pdf

Download (569kB)
[img] Text
92201019002_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
92201019002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
92201019002_bab5.pdf

Download (115kB)
[img] Text
92201019002_daftarpsutaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

ABSTRAK SITI KHAJAR ALI, 2021, Entrepreneurship Dalam Surah Quraisy: Aplikasi Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Dr. Moh. Asror Yusuf, M.Ag. 2. Dr. Wahidul Anam, M.Ag. Kata Kunci: Enterpreneurship, Ma’na-cum-maghza. Surah Quraisy menjelaskan kenikmatan Allah yang dianugerahakan kepada suku Quraisy. Membuktikan dan menyatukan mereka suku Quraisy dengan kasih sayang dan kekuatan Allah sebagaimana disebutkan succes story mereka dalam hal niaga. Hal ini menunjukkan bahwa banyak sekali pelajaran berharga yang dapat kita gali dari succes story mereka dalam berbisnis. Sehingga fokus penelitian tesis ini mengetahui strategi bisnis yang mereka lakukan dan mengali tafsir surah Quraisy. Dengan harapan penulis dan pembaca dapat mengerti sejarah dibalik kasih sayang yang Allah berikan kepada suku Quraisy. Maka hasilnya dapat kita percaya dan dapat dipraktekkan dalam keidupan sehari-hari. Tujuan tesis ini menggali makna, signifikansi dan teladan dari surah Quraisy kemudian dikembangkan dan diaplikasikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mengkonsentrasikan diri pada penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ma’na-cum-maghza. Yaitu menggali makna utama historis (Ma’na) dan pesan utama (Maghza) dan kemudian mengembangkan signifikansi teks tersebut untuk konteks kekinian dan kedisinian. Caranya dengan menganalisis bahasa, intratekstualis, konteks historis pewahyuan surah Quraisy, dan maghza al-ayah. Sesuai penafsiran yang dilakukan ditemukan di dalam surah Quraisy terdapat pedoman entrepreneurship. Pertama, membiasakan dagang yang dihasilkan dengan latihan, didikan, tradisi secara turun-temurun yang menghasilkan pengalaman. Kedua, memelihara nama baik. Ketiga, mengadakan misi perniagaan ke luar daerah. Keempat, memperhatikan situasi keadaan yang menguntungkan. Jika keempat syarat ini diperhatikan dapat menghasilkan kesejahteraan, cukup sandang pangan dan keamanan dari ketakutan. Selanjutnya di dalam surah Quraisy terdapat hikmah untuk bisa diterapkan dalam kegiatan entrepreneurship. Diantaranya pembiasaan dari kecil, pembelajaran sebagai brand equality dan master brand, ekspansi ke luar membangun network dan keahlian diplomasi serta negosiasi, market segmentatation, balance ibadah dan bisnis, tawakal, dan berani menghadapai resiko.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Hajar Ali
Date Deposited: 12 May 2022 02:34
Last Modified: 12 May 2022 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item View Item