دافع اإلماـ سيبويو الداخلي ُب تعلم النحو ، البحث العلمي

Nurfaizin, Ana (2021) دافع اإلماـ سيبويو الداخلي ُب تعلم النحو ، البحث العلمي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932503517_prabab.pdf

Download (726kB)
[img] Text
932503517_bab1.pdf

Download (720kB)
[img] Text
932503517_bab2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
932503517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
932503517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
932503517_bab5.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932503517_daftarpustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932503517_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Motivasi intrinsik atau dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang tanpa ada paksaan dari pihak lain turut menjadi faktor keberhasilan dalam suatu aktivitas termasuk aktivitas belajar, tidak terkecuali belajar Bahasa Arab. Faktanya, beberapa pelajar di Indonesia kurang mempunyai motivasi dalam diri mereka untuk mempelajari bahasa Arab dan merasa kesulitan dalam belajar bahasa Arab terutama dalam cabang ilmu nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi peserta didik agar timbul motivasi intrinsik dalam diri mereka untuk belajar nahwu melalui keteladanan perjalanan hidup Imam Sibawaih saat belajar nahwu. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengan menggunakan buku karya Ahmad Ahmad Badawi yang berjudul Sibawaih Hayatuhu Wa Kitabuhu, buku Teori Motivasi & Pengukurannya karya Hamzah B. Uno sebagai sumber data primer dan buku serta jurnal lain yang mendukung sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan menggunakan teknik analisis data yang mengacu pada teori Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga motivasi intrinsik yang mendorong Imam Sibawaih untuk belajar nahwu yaitu motivasi kebutuhan, karakteristik kepribadian dan intelegensi. Adapun kuatnya pengaruh motivasi ini terhadap Imam Sibawaih tercermin pada upayanya untuk belajar nahwu yaitu dengan bergaul dengan komunitas badui, berguru kepada banyak ulama nahwu, menggunakan berbagai metode belajar dan karya Al-Kitab. Mengenai pengaruhnya terhadap pelajar di Indonesia, ada beberapa pengaruh yang ditunjukkan dengan respon yang seharusnya diambil oleh para pelajar nahwu yaitu memotivasi diri dan menanamkan persepsi bahwa belajar nahwu adalah suatu kebutuhan seorang muslim, tidak menjadikan faktor keturunan sebagai alasan atas problem belajar nahwu, menggunakan beragam metode dalam belajar nahwu, menggunakan media dan sumber belajar yang mendukung aktifitas belajar nahwu serta aktif mengikuti diskusi terkait nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 May 2022 04:11
Last Modified: 11 May 2022 04:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item