Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlak Lilbanin Juz I Serta Relevansinya Dengan Al-Qur'an-Hadis Dan Kompetensi Inti Sikap Sosial MI Kurikulum 2013

Azzakky, M. Irfan Nur Alief (2021) Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlak Lilbanin Juz I Serta Relevansinya Dengan Al-Qur'an-Hadis Dan Kompetensi Inti Sikap Sosial MI Kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113317_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9321133117_bab1.pdf

Download (583kB)
[img] Text
932113317_bab2.pdf

Download (513kB)
[img] Text
932113317_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932113317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
932113317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
932113317_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932113317_daftarpustaka.pdf

Download (397kB)

Abstract

Akhlak adalah komponen yang terpenting dalam ajaran Islam. Hal ini dibuktikan dari hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang pentingnya akhlak. Literatur klasik yang membahas tentang akhlak sangatlah banyak, di antaranyaadalah karya ulama kelahiran bumi pertiwi yang bernama Syaikh ‘Umar binAḥmad Bārajā’ yang berjudul al-Akhlaq Lilbanin. Kitab tersebut terdiri dari empat juz yang mana secara umumnya semuanya membahas terkait akhlak. Akan tetapi peneliti hanya meneliti juz pertama. Pengarang kitab menjelaskan terkait akhlakyang seharusnya dimiliki oleh seorang anak dengan bahasa yang mudah dipahami. Akan tetapi tidak adanya kutipan hadis ataupun Al-Qur’an di dalamnya. Hal ini yang mendorong peneliti untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalamkitab al-Akhlaq Lilbanin juz pertama serta relevansinya dengan Al-Qur’andanhadis. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penilitian Kepustakaan (libraryresearch), yaitu penelitian dengan menggunakan literatur kepustakaan. Baikberupa buku, artikel jurnal, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkanbahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlaq Lilbanin juz pertamadapat dikelompokkan menjadi empat ruang lingkup, yakni akhlak terhadap Allahdan nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap keluarga dan akhlak terhadap diri sendiri. Selain itu, peneliti berkesimpulan juga bahwa setiap ruang lingkup yang telah penulis tuliskan, memiliki relevansi dengan Al-Qur’an dan hadis. Hal ini dapat dibuktikan denganadanya dalil Al-Qur’an dan hadis yang relevan dengan isi pendidikan akhlakyangtelah dijabarkan oleh pengarang kitab al-Akhlaq Lilbanin. Kebanyakan penulismenemukan hadis yang relevan dengan isi kitab dibandingkan dalil Al-Qur’annya. Konsep pendidikan akhlak dalam kitab al-Akhlaq Lilbanin juz I memiliki relevansi dengan kompetensi inti sikap sosial kurikulum 2013. Akan tetapi padaaspek sikap jujur, penulis tidak menemukan sikap jujur yang diajarkanolehSyaikh ‘Umar bin Aḥmad Bārajā’.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Irfan Nur Alief Azzakky
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:56
Last Modified: 18 Apr 2022 02:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4192

Actions (login required)

View Item View Item