Hajar, Putri Duwi (2021) Efekivitas Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Dalam Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932123214_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932123214_bab1.pdf Download (347kB) |
|
Text
932123214_bab2.pdf Download (558kB) |
|
Text
932123214_bab3.pdf Download (346kB) |
|
Text
932123214_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text
932123214_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text
932123214_bab6.pdf Download (124kB) |
|
Text
932123214_daftarpustaka.pdf Download (220kB) |
Abstract
Efektivitas kurikulum 2013 dan akhlak siswa adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan utuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu perencanaan sebelum dilaksanakan kurikulum 2013 sangat dibutuhkan dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan akhlak siswa. Fokus penelitian skripsi adalah: bagaimana efektivitas kurikulum 2013 dalam meningkatkan akhlak siswa di MAN 4 Kediri yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan efektivitas kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan ciri antara lain: latar alami dan peneliti sebagai instrumen kunci. Peneliti bersifat deskriptif dan analisis data secara induktif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana ketiga metode tersebut tidak bisa terpisahkan guna memperoleh data penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara: 1. Reduksi data (penyederhanaan), 2. Paparan atau sajian data, dan 3.penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian efektivitas kurikulum 2013 dalam meningkatkan akhlak siswa pada mata pelajaran al qur’an hadits di MAN 4 Kediri ini adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan kurikulum 2013 yaitu dimulai dengan adanya sosialisasi yang diprakasai wakil ketua kurikulum, kemudian diklat yang mendatangkan narasumber ahli dalam K-13 selanjutnya seluruh administrasi yang sesuai dengan K-13. 2. Penerapannya dalam segi administrasi sudah menggunakan kurikulum 2013 dan juga untuk penilaian sudah menggunakan kurikulum 2013. Khususnya dalam penilaian sikap religious guru-guru telah menggunakan sebagaimana mestinya. Dalam proses pembelajaran guru-guru juga telah menggunakan metode saintifik khususnya dalam pelajran Al Qur’an Hadits. 3. Efektivitas kurikulum 2013 dalam meningkatkan akhlak siswa telah berjalan cukup efektiv sebagaimana yang telah dirasakan guru mata pelajaran Al Qur’an Hadits pada siswa MAN 4 Kediri ini. Dengan menggunakan metode sesuai K-13 siswa menjadi lebih aktif, akhlak siswa juga semakin baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:01 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4161 |
Actions (login required)
View Item |