Pembelajaran Al Qur’an Hadis Berbasis Living Values Education ( Studi di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk )

Bakri, Mohkhamad Saikhul (2021) Pembelajaran Al Qur’an Hadis Berbasis Living Values Education ( Studi di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk ). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619044_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101619044_bab1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
92101619044_bab2.pdf

Download (744kB)
[img] Text
92101619044_bab3.pdf

Download (357kB)
[img] Text
92101619044_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
92101619044_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
92101619044_bab6.pdf

Download (252kB)
[img] Text
92101619044_daftarpustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
92101619044_suratpernyataan.pdf

Download (599kB)

Abstract

Pendidikan nilai sebagai salah satu pendidikan dasar dalam hidup memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku seseorang. Terwujudnya sikap dan perilaku yang baik dari setiap individu merupakan tujuan utama dari sebuah pendidikan. Namun jika kita melihat banyaknya tindakan dan perilaku individu-individu “terdidik” yang melakukan tindakan menyimpang dan perbuatan amoral lainnya, cukup mengindikasikan bahwa pendidikan nasional dari berbagai jenjangnya dinilai “telah gagal” dalam membentuk peserta didik yang memiliki nilai-nilai moral dan budi pekerti yang baik. Model pembelajaran berbasis nilai atau sering dikenal dengan istilah living values education ini di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono diharapakan mampu membangun kecerdasan spriritual peserta didik. Karena Kecerdasan spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan kecerdasan intelektual (Intellegent Quotient)dan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) secara efektif. Bahkan kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan tertinggi kita sebagai sumber dari kecerdasan yang lain sehingga mampu menghadapi dan mencari solusi dalam menghadapi segala bentuk tantangan zaman termasuk moralitas Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka fokus penelitian adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran alqur’an hadis berbasis Living values education ( LVE ) di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadis berbasis living values education ( LVE ) di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk? 3. Bagaimana Evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Living values education ( LVE ) di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono ? Jenis penelitian ini adalah field reseach atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reflectif thinking (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan). Dan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti,ketekunan pengamatan,triangulasi dan auditing. Hasil penelitian ini adalah; a. Perencanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadis berbasis living values education di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono yaitu : Menetapkan tujuan pembelajaran berbasis Living Values eduction dengan mengintegrasikan dalam mata pelajaran dan direncanakan secara khusus, Dengan cara guru harus memasukkan nilai-nilai dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.diantaranya nilai kedamaian, penghargaan, cinta, tanggung jawab, kabahagiaan, kerjasama, kejujuran, kerendahan hati, toleransi, kesederhanaan, dan persatuan. Mengadakan rapat seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono. Menyusun program yang dimaksud. Mengadakan pelatihan-pelatihan tentang program living values education b. pelaksanaan Pembelajaran berbasis Living values education diantaranya : Melalui pendekatan emosional yakni pendidik berusaha mengaktifkan ranah afektif peserta didik. Membina perilaku positif siswa yang dilakukan secara berulang-ulang. Mengguanakan metode dogmatik, deduktif dan induktif. Penataan fisik sekolah dan lingkungan dengan nilai-nilai islami. Pembinaan keagamaan bagi pendidik, peserta didik dan seluruh warga madrasah dengan diantaranya : Pembiasaan rutin, Pembiasaan Spontan, Pembiasaan keteladanan dalam bentuk perilaku sehari-hari. C. Evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits berbasis Living values education (LVE) di Madrasah Tsanawiyah Miftahul ‘Ula Nglawak Kertosono Nganjuk yaitu Suasana pembelajaran lebih kondusif, perbaikan moral dan spiritual siswa, mencegah dari perilaku negatif, mengendalikan emosi siswa dan kecerdasan spiritual terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohkhamad Saikhul Bakri
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:34
Last Modified: 16 Mar 2022 05:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item