Muttaqin, Muhammad Edy (2021) Konsep Pendidikan Remaja Muslim Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Modern. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101619045_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101619045_bab1.pdf Download (593kB) |
|
Text
92101619045_bab2.pdf Download (251kB) |
|
Text
92101619045_bab3.pdf Download (570kB) |
|
Text
92101619045_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
92101619045_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
92101619045_bab6.pdf Download (237kB) |
|
Text
92101619045_daftarpustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
92101619045_suratpernyataan.pdf Download (542kB) |
Abstract
Pendidikan adalah faktor penting terhadap eksistensi sebuah peradaban. Bahkan, bisa dikatakan bahwa pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dilepas dari kehidupan. Melalui pendidikan yang benar, maka kemajuan suatu bangsa dapat tercapai. Pendidikan remaja memberikan pengaruh besar dalam masyarakat. Remaja merupakan generasi muda yang kuat fisik dan semangatnya dalam menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran di muka bumi. Dalam hal ini sangat diharapkan remaja-remaja muslim yang memiliki keimanan, teguh akidahnya, baik budi pekertinya dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap remaja muslim menurut Abdullah Nashih Ulwan, untuk mengetahui konsep pendidikan remaja muslim dalam kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam, problematika dan solusi terhadap problematika-problematika remaja Muslim, materi dan metode pengajaran menurut Abdullah Nashih Ulwan serta konsep pendidikan islam modern. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research) karena yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan tesis ini ialah metode analisis isi (Content Analysis). Adapun pembahasan tesis ini adalah, pertama, Problematika yang berdampak pada penyimpangan remaja, seperti: 1. Kemiskinan yang mendera keluarga, 2. Perselisihan dan percekcokan antara bapak dan ibu, 3. Perceraian yang dibarengi dengan kemiskinan, 4. Kesenggangan yang menyita masa manakkanak dan remaja, 5. Lingkungan dan teman yang buruk, 6. Perlakuan yang buruk dari orang tua, 7. Tayangan film kriminal dan pornografi, 8. Merebaknya pengangguran di masyarakat, 9. Keteledoran orang tua akan pendidikan remaja, 10. Anak yatim. Kedua, Solusi terhadap problematika remaja Muslim, terdiri dari: 1. Memberikan pendidikan Agama, 2. Memberikan kehidupan yang layak, 3. Memberikan tanggung jawab kebebasan, 4. Membuat remaja nyaman, 5. Meluangkan Waktu Bersama, 6. Menjadi sahabat. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Pendidikan remaja muslim menurut pandangan Abdullah Nashih Ulwan dalam kitabnya adalah pendidikan yang memperhatikan empat hal: yaitu pendidikan akidah, pendidikan akhlak, pendidikan akal dan pendidikan sosial. (2) Sasaran pendidikan remaja perspektif Abdullah Nashih Ulwan dibagi menjadi dua bagian: yaitu materi yang diajarkan dan metode yang digunakan: a. Dalam segi materi: pendidikan iman, pendidikan moral, pendidikan fisik, pendidikan akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial, dan pendidikan seks, b. Dalam segi metode: keteladanan pembiasaan, nasehat, perhatian, dan hukuman. (3) Model pendidikan yang cocok untuk zaman yang serba modern ini adalah pendidikan anak berbasis sikap demokratis dan humanis ini sangatlah tepat jika diterapkan dalam pendidikan remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Edy Muttaqin |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 05:29 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 05:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3858 |
Actions (login required)
View Item |