Latar Belakang Pendidikan Dan Motivasi Masyarakat Menghafal Al-Qur’an (Studi Fenomenologi di Dusun Petuk, Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen)

Mahmudah, Binti Melly (2020) Latar Belakang Pendidikan Dan Motivasi Masyarakat Menghafal Al-Qur’an (Studi Fenomenologi di Dusun Petuk, Desa Puhrubuh, Kecamatan Semen). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101217005_prabab.pdf

Download (441kB)
[img] Text
92101217005_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
92101217005_bab2.pdf

Download (575kB)
[img] Text
92101217005_bab3.pdf

Download (420kB)
[img] Text
92101217005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
92101217005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
92101217005_bab6.pdf

Download (210kB)
[img] Text
92101217005_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
92101217005_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)

Abstract

Berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan salah satu pengalaman beragama yang berharga bagi seorang Muslim. Adapun pengalaman berinteraksi dengan Al-Qur’an meliputi bermacam-macam bentuk kegiatan seperti, membaca Al-Qur’an, memahami dan menafsirkan Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, dan lain-lain. Di dusun Petuk terdapat fenomena yaitu adanya masyarakat penghafal Al-Qur’an. Selain itu, dusun ini juga berada dalam lingkungan sekitar Pondok Pesantren. Dari sini, penulis tertarik untuk mengkaji tentang motivasi yang melandasi seorang muslim dalam menghafal Al-Qur’an. Motivasi yang akan mengantarkan seorang muslim mencapai tujuannya yaitu mampu menghafal Al-Qur’an secara cepat, lancar, baik, dan abadi dalam memori ingatannya. Adapun fokus penelitian ini ada tiga hal, yakni 1) Bagaimana latar belakang pendidikan masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk? 2) Bagaimana motivasi masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk? 3) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menggambarkan latar belakang pendidikan masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk, desa Puhrubuh, kecamatan Semen. 2) Mendeskripsikan motivasi masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk, desa Puhrubuh, kecamatan Semen. 3) Mengungkapkan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat masyarakat menghafal Al-Qur’an di dusun Petuk, desa Puhrubuh, kecamatan Semen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun proses analisis data meliputi kegiatan mengumpuslkan data, memeriksa kembali data dan merumuskan kesimpulan. Tahap akhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Latar belakang pendidikan masyarakat yang mayoritas melanjutkan ke pendidikan di pondok pesantren, maka sedikit banyak akan mempengaruhi pendidikan dan kebiasaan masyarakat salah satunya kegiatan menghafal Al-Qur’an. 2) Motivasi intrinsik masyarakat Dusun Petuk untuk menghafal Al-Qur’an adalah: dapat mendalami Ilmu Al-Qur’an, ingin mendapatkan berkah dari Al-Qur’an dan ingin menjadi Hafidzah/ Penghafal Al-Qur’an. 3) Motivasi ekstrinsik masyarakat Dusun Petuk untuk menghafal Al-Qur’an adalah: dorongan dari Orang Tua, dorongan dari Lingkungan, dorongan dari Teman/Sahabat dan dorongan dari Guru. 4) Faktor-faktor pendukung masyarakat dalam menghafal Al-Qur’an di Dusun Petuk meliputi: pengaturan dalam menghafal Al Qur’an dan proses murojaah hafalan oleh masyarakat dalam menghafal Al-Qur’an dalam bentuk jamiyyah semaan dan deresan yang ada di lingkungan sekitar. 5) Faktor-faktor penghambat masyarakat dalam menghafal Al-Qur’an di Dusun Petuk meliputi: manajemen waktu yang kurang efektif dalam menghafal AlQur’an, kondisi fisik dan psikologis yang kurang mendukung seperti sakit, lelah, malas, galau dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:01
Last Modified: 04 Mar 2022 02:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item