تطبيق طريقة سوروكان لرتقية فهم كتب الرتاث للطماب مبعهد اكحاج يعقوب لريبيا كدير ي

Nasoha, Assegaf (2019) تطبيق طريقة سوروكان لرتقية فهم كتب الرتاث للطماب مبعهد اكحاج يعقوب لريبيا كدير ي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502914 pra,1,2,3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502914 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text
932502914 6,dp,l.pdf

Download (959kB)

Abstract

Implementasi metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman kitab kuning pada santri Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri : Metode sorogan adalah metode yang dilaksanakan dengan cara santri maju satu persatu mendatangi kiyai atau ustadz, kemudian santri menyodorkan kitab dan membaca, menerjemahkan, dan menjelaskan apa yang dibaca tersebut Metode sorogan merupakan metode yang paling sulit dari keseluruhan sistem pendidikan islam tradisional, sebab metode ini menuntut kesabaran, kerajinan ketaatan dan disiplin pribadi dari murid.. Adapun fokus penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana implementasi metode sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman kitab kuning pada santri di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Data dari lapangan diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, 1) Dalam pelaksanaannya, sorogan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub menggunakan sistem halaqoh sebagai proses pembelajaran serta dalam halaqoh terdapat pembelajaran individual dalam pelaksanaan sorogan dan pendalaman materinya. 2) Untuk kemampuan santri Pondok Pesantren Haji Ya’ub dalam memahami kitab kuning masuk dalam kategori baik. Hal tersebut berdasarkan jumlah kesalahan yang telah ada, dan dapat disimpulkan bahwa metode sorogan termasuk salah metode yang efektif dalam membantu santri untuk meningkatkan pemahaman kitab kuning, yang dalam hal ini berupa pembelajaran berbasis Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:22
Last Modified: 24 Feb 2022 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item